Tanda Tanda Wanita Hamil 1 Minggu

By
Advertisement
tanda tanda hamil



Hamil Care - Apakah saat ini Anda sedang menantikan kehamilan? Jika iya, maka artikel mengenai tanda tanda hamil muda ini akan sangat membantu. Memang cara yang paling akurat untuk mengetahui apakah Anda hamil atau tidak adalah dengan melakukan tes kehamilan. Namun setidaknya ada ciri ciri hamil muda yang dapat mengindikasikan terjadinya kehamilan dan harus diketahui wanita.

Setiap ibu hamil akan menunjukkan tanda awal kehamilan yang relatif berbeda satu dengan yang lainnya. Karena dipengaruhi oleh kondisi tubuh serta hormon. Oleh karenanya tidak mengherankan apabila tanda hamil yang dialami tiap orang berbeda.

Bahkan bagi wanita yang sudah pernah hamil sebelumnya, kehamilan mereka berikutnya bisa saja memiliki tanda  hamil yang juga berbeda. Tanda tanda orang positif hamil muda, sering kali diartikan seperti terlambatnya siklus menstruasi pada wanita, namun menentukan tanda awal kehamilan sebelum telat haid kurang akurat.

Tanda tanda hamil 1 minggu pertama


Harus kita ketahui bahwa tanda akan hamil mungkin juga disebabkan karena adanya faktor lain. Faktanya adalah bila tanda tersebut muncul bukan berarti bahwa itu adalah tanda perempuan pasti hamil. Berikut ini ada tanda kehamilan baik fisik maupun non-fisik di minggu pertama yang kerap terjadi.

Ciri atau tanda kalau wanita telah hamil adalah sebagai berikut:


  1. Perubahan bentuk pada payudara
  2. Mudah lelah
  3. Morning sickness (Mual di pagi hari)
  4. Timbul bercak atau darah
  5. Menagalami kram
  6. Ngidam
  7. Sering buang air besar
  8. Sembelit
  9. Mood berubah ubah
  10. Telat datang bulan (haid)
  11. Positif saat cek kehamilan
  12. Sensitif terhadap bau



1. Perubahan bentuk payudara

Tanda tanda hamil pertama kali pada awal masa kehamilan  dapat dilihat melalui bentuk  payudara wanita. pada 1 minggu pertama kadar hormon progesteron dalam tubuh mengalami peningkatan setelah proses pembuahan. Perubahan tersebut membuat perubahan pada payudara menjadi terasa lebih lembut, terasa penuh, lebih berat, serta nyeri.

Anda akan melihat di daerah sekitar puting atau yang disebut areola berubah warnanya menjadi lebih gelap. Ini berlangsung  selama satu atau dua minggu dan keadaan tersebut akan mulai reda seiring  proses adaptasi tubuh terhadap perubahan hormon.


2. Mudah lelah

Pada saat kehamilan memasuki minggu pertama, kelelahan sering terjadi pada wanita yang sedang hamil muda. Biasanya mudah lelah dan lesu, hal ini sesuatu yang normal dan umumnya  terjadi pada ibu hamil.

Wanita yang tidak pernah  tidur siang, saat hamil  akan  mulai membutuhkan tidur siang selama 3 bulan pertama, kata Jeanne A. Conry, MD, PhD.

Penting bagi ibu hamil untuk mendapatkan waktu istirahat yang cukup, serta makan makanan sehat yang kaya akan protein dan zat besi.

3. Mual dan muntah (morning sickness)

Morning sickness adalah salah satu tanda hamil satu minggu pertama yang paling umum di masyarakat. Mual bagi sebagian ibu hamil dapat terjadi hampir sepanjang hari, namun biasanya yang paling sering adalah di waktu pagi hari.

Untuk mempermudah keluarnya cairan saat muntah disarankan untuk minum air dicampur dengan irisan strawberry atau mentimun.

Penyebab mual masih  belum di ketahui secara pasti, akan tetapi perubahan hormon pada kehamilan di minggu pertama, mungkin berperan terhadap gejala tersebut. Biasanya akan reda dalam 12 minggu meski beberapa orang mengalaminya hingga 16 minggu. Namun; tidak semua ibu hamil pasti mengalami morning sickness, dikarenakan kondisi tubuh berbeda beda.

4. Timbul bercak darah kecil

Bercak yang muncul adalah sebagai gejala awal kehamilan, ini sebagai  tanda bahwa sel telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim. Proses tersebut menyebabkan timbulnya; bercak pada organ kewanitaan, atau yang disebut dengan pendarahan implantasi.

Pendarahan ini dapat terjadi pada minggu ke enam atau ketujuh, dan itu sesuatu yang normal terjadi. Lakukan tes Ultrasonografi (USG)untuk mengetahuiperkembangan janin dari minggu ke minggudan konsultasikan dengan dokter atau bidan.

5. Mengalami Kram

Kram yang terjadi apakah Penyakit Menular Seksual (PMS) atau kehamilan? sulit untuk menentukannya, namun jika merasa kram mungkin rahim telah mengalami peregangan sebagai persiapan bagi pertumbuhan bayi anda.

6. Ngidam

Bukanlah rahasia lagi jika anda ingin makan makanan tertentu yang sebelumnya tidak pernah sekalipun ingin memakannya, seperti makanan dengan rasa yang menyengat seperti asam dan pedas. keinginan terhadap jenis makanan tertentu biasa disebut dengan istilah "ngidam". Salah satu tanda bahwa perut bunting umumnya ditandai dengan ingin makan buah mangga yang masih muda atau buah dengan rasa asam lainnya atau jenis makanan lainnya.

7. Sering buang air kecil

Di saat hamil terjadi penekanan organ kandung kemih oleh rahim yang semakin membesar setiap minggunya, yang membuat anda akan lebih sering ke kamar mandi. Sebagian besar ibu hamil akan mengalaminya sekitar 1-2 bulan setelah terjadinya proses pembuahan (ovulasi).

8. Sembelit

Hormon progesteron membuat waktu untuk proses pencernaan makanan di dalam tubuh menjadi lebih lama, sehingga makanan kurang dicerna secara optimal. Sembelit membuat proses buang air besar jadi tidak lancar sehingga mengakibatkan timbulnya wasir pada ibu hamil, maka disarankan banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung serat untuk mencegahnya.

9. Mood sering berubah-ubah

Suasana hati yang berubah ubah juga terkait dengan perubahan hormon, ini adalah hal yang umum terjadi selama trimester pertama usia kehamilan.

10. Telat datang bulan

Jika biasanya siklus menstruasi anda teratur sesuai jadwal, namun tiba tiba terlambat tidak seperti biasanya mungkin bisa jadi anda sedang hamil. Tetapi bila siklus menstruasi anda tidak teratur akan sulit menentukan apakah Anda sedang hamil ataukah tidak, sebaiknya pastikan ciri ciri hamil diatas sudah terjadi atau belum.

11. Positif dengan tes kehamilan

Sekarang ini banyak alat tes kehamilan yang di jual di apotek terdekat, selain praktis juga mudah digunakan. Untuk memastikan kehamilan lakukan selang beberapa hari setelah terlambat datang bulan. Tes kehamilan dapat dilakukan sendiri di rumah dan boleh dilakukan beberapa kali untuk memastikan hasil yang akurat.

12. Sakit punggung

Banyak ibu hamil mengalami berbagai keluhan seperti sakit punggung. Hal ini akan berlangsung selama hamil dan akan semakin terasa seiring pertumbuhan rahim yang membesar. Untuk meringankannya lakukan gerakan senam bagi ibu hamil yang berguna untuk melemaskan otot punggung yang tegang.

13. Pusing dan pingsan

Kehamilan menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan tekanan darah turun. Keadaan ini membuat Anda merasa pusing dan turunnya kadar gula darah.

14. Senisitif akan bau

Perubahan horman menjadi tidak seimbang saat wanita positif hamil yang menyebabkan beberapa wanita mengalami sensitif terhadap bau-bau menyengat. Bau seperti: parfum atau makanan tertentu dapat memicu terjadinya  mual dan muntah.

Di awal kehamilan anda minumlah  banyak air untuk menghindari dehidrasi dan pada fase ini juga perbanyak konsumsi vitamin untuk mendapatkan nutrisi serta asam folat yang berguna untuk mencegah bayi cacat saat lahir. Pada beberapa minggu setelahnya tanda hamil pada bagian perut akan semakin membesar. Semoga artikel tanda tanda hamil muda ini berguna untuk anda yang ingin segera cepat hamil.

Artikel Terkait Sebelumnya: Tanda Bahaya Kehamilan



1 komentar: