Inilah Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda Wajib Tahu

By
Advertisement

Apakah sering merasa gelisah di tempat tidur karena mencoba mencari posisi tidur yang baik untuk ibu hamil dan nyaman?. Sayangnya, posisi tidur seperti biasanya tidak lagi membuat anda nyaman selama hamil. Ada beberapa alasan yang menyebabkan ketidaknyamanan saat tidur, namun ada beberapa posisi tidur yang bisa dicoba untuk membantu dapat beristirahat dengan nyaman.

Mengapa saya begitu tidak nyaman dalam posisi tidur seperti biasanya? Ketika hamil tubuh mengalami tanda tanda kehamilan dan berbagai perubahan yang cenderung dapat mengganggu kenyamanan tidur seperti:
  • Membesarnya ukuran perut.
  • Sakit punggung.
  • Mulas.
  • Sesak napas.
  • Insomnia.

Posisi tidur ibu hamil muda


Adakah posisi tidur terbaik saat hamil? Para ahli merekomendasikan untuk berbaring di sisi sebelah kiri (miring ke kiri). karena bertujuan meningkatkan sirkulasi darah dan melancarkan distribusi nutrisi menuju plasenta dan janin. Berbaring miring ke kiri dapat mengurangi tekanan tubuh terhadap organ hati, pada dasarnya sisi kanan tidur di sisi kanan juga baik namun sisi kiri adalah yang terbaik.

Baca Juga: Gambar Janin Dalam Perkembangannya dalam perut

Posisi tidur yang harus dihindari saat hamil


Tidur terlentang

Tidur dengan cara seperti ini dapat menimbulkan masalah seperti sakit punggung, sesak nafas, sistem pencernaan, wasir, tekanan darah rendah dan menurunkan sirkulasi darah menuju jantung dan bayi. karena perut terdorong kebawah dan menekan usus saat berbaring telentang dapat juga menyebabkan masalah pada perut.

Tidur tengkurap

Ini bukanlah posisi tidur yang bagus, ketika bunda berbaring dengan tengkurap perut menekan pada rahim belum lagi payudara yang membesar. Ketika sedang hamil tua, perut akan mengalami perubahan fisik dan membuat lebih sulit untuk berbaring dengan posisi tengkurap.

Beberapa tips posisi tidur untuk membantu tidur anda lebih nyaman selama kehamilan:

  • Untuk sakit punggung : letakkan bantal di bawah perut atau di antara lutut. Belilah bantal khusus hamil yang panjang dan lebar dengan posisi bantal di bawah tubuh agar dapat membantu menjaga tubuh tetap miring dan mencegah berguling ke perut atau punggung.
  • Untuk sesak napas: Letakkan bantal di bawah sisi tubuh untuk membuat posisi dada terangkat.
  • Untuk perut mulas: Sanggalah kepala dengan bantal agar lebih tinggi, ini membantu membuat asam turun di perut.

Janganlah khawatir bila kita berguling dari sisi ke depan atau belakang saat tidur. Lebih baik membiarkan tubuh bergerak bebas di posisi manapun itu sepanjang memberikan rasa nyaman daripada mencoba untuk bangun setiap beberapa menit untuk mengatur posisi tidur.

Kembali tidur saat terbangun dapat menyebabkan menurunnya tekanan darah, dan bagi beberapa ibu hamil akan mengalami pusing dan menyebabkan Hipertensi.

Kita membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak dari biasanya. Dan akan mendapatkan manfaat jika tidur lebih awal ketika bayi sudah mulai aktif bergerak dan mulai sering membangunkan kita di tengah malam. Semoga artikel tentang posisi tidur yang baik untuk ibu hamil bermanfaat untuk ibu hamil, silahkan tinggalkan komentar kamu ya.




Tags: posisi tidur ibu hamil 8 bulan, posisi ibu hamil saat berhubungan, posisi tidur yang baik untuk ibu hamil muda, posisi tidur ibu hamil 7-9 bulan, posisi tidur ibu hamil 9 bulan, posisi tidur ibu hamil 4 bulan, posisi tidur yang baik untuk ibu hamil 5 bulan, posisi duduk yang baik untuk ibu hamil

0 comments:

Posting Komentar