6 Jenis Makanan Yang Harus Dihindari Ibu Hamil

By
Advertisement
makanan yang harus dihindari ibu hamil

Sumber nutrisi yang baik berasal dari makanan. Namun ada makanan yang harus dihindari ibu hamil karena dapat membahayakan janin. Makanan tersebut memiliki kandungan yang tidak baik untuk perkembangan janin. Kita pasti menginginkan yang terbaik bagi bayi kita bukan? itu sebabnya kita makan buah dan sayuran setiap hari selama masa hamil.

Sebagai langkah awal bisa mulai dengan nutrisi kehamilan dan memahami makanan yang dilarang selama hamil agar kesehatan janin terjaga. Untuk itu dibutuhkan makanan sehat untuk ibu hamil agar kesehatan ibu dan bayi terjaga.

Makanan yang tidak boleh dimakan ibu hamil muda


1. Hindari makanan laut.

Makanan laut merupakan sumber protein, dan asam lemak omega-3 yang berguna untuk kecerdasan otak dan juga perkembangan janin. Akan tetapi ada beberapa jenis ikan dan kerang yang memiliki kadar merkuri yang tinggi.

Kandungan merkuri yang tinggi dapat membahayakan bagi perkembangan sistem saraf bayi.

Ikan yang semakin besar memiliki kandungan merkuri yang besar pula, maka bagi ibu hamil disarankan untuk menghindari:
  • Ikan todak.
  • Hiu.
  • King mackerel.
  • Tile fish.
Lantas jenis makanan laut apa yang aman dan mengandung sedikit merkuri?. Beberapa jenis hewan laut bisa kita pertimbangkan antara lain:
  • Udang
  • Ikan salmon
  • Pollock
  • Teri
  • Ikan forel

2. Hindari makanan mentah, setengah matang

Ini bertujuan untuk menghindari bakteri yang berbahaya dan virus yang terdapat dalam makanan dan meningkatkan keracunan saat hamil:
  • Hindari makan ikan mentah dan kerang seperti: sushi dan sashimi.
  • Masak telur hingga benar-benar matang, karena telur mentah dapat terkontaminasi bakteri yang berbahaya.
  • Masak daging dengan sempurna untuk menghindari kontaminasi makanan yang berbahaya seperti listeriosis.

3. Hindari makanan yang tidak dipasteurisasi

Banyak sekali produk susu yang rendah lemak seperti: susu skim, keju mozzarella dan keju cottage, merupakan bagian dari diet sehat. Produk susu yang tidak dipasteurisasi dapat menyebabkan penyakit, maka hindari keju lunak seperti: brie, feta dan keju biru, kecuali tertera label telah dipasteurisasi atau dibuat dengan susu pasteurisasi dan hindari juga minum jus yang tidak dipasteurisasi.

4. Hindari minum kopi yang berlebihan

Kafein dapat mempengaruhi detak jantung bayi Anda. Sementara beberapa studi juga menunjukkan bahwa minum terlalu banyak kafein selama kehamilan dapat meningkatkan resiko keguguran. Karena efek potensial pada bayi yang berkembang, dokter merekomendasikan untuk membatasi jumlah kafein dalam diet dengan mengkonsumsinya tidak lebih dari 200 miligram (sekitar dua cangkir) per hari selama kehamilan. Hindari juga minum teh herbal kecuali dokter memperbolehkannya.

5. Hindari minum alkohol

Tidak ada bukti yang menyatakan berapa banyak jumlah alkhohol yang aman selama kehamilan, yang paling baik adalah menghindari minum alkohol sama sekali. Mempertimbangkan risiko bagi ibu hamil yang meminum alkohol memiliki risiko yang lebih mengalami keguguran.

Terlalu banyak minum alkohol selama kehamilan adalah hal yang bahaya bagi ibu hamil juga mengakibatkan deformitas wajah, cacat jantung dan retardasi mental dan berdampak pada perkembangan otak bayi anda. Jadi alkohol merupakan minuman yang dilarang untuk ibu hamil.

6. Hindari buah-buahan dan sayuran yang tidak dicuci

Untuk menghilangkan bakteri yang berbahaya, cucilah semua buah-buahan dan sayuran mentah dengan bersih. Hindari makan kecambah mentah yang juga mungkin mengandung bakteri penyebab penyakit dan pastikan untuk memasak kecambah dengan sempurna.

Demikianlah jenis makanan yang tidak boleh dikonsumsi untuk ibu hamil dan semoga jadi perhatian anda yang saat ini sedang hamil muda. Bagikan artikel ini bila bermanfaat untuk anda dan teman anda.

0 comments:

Posting Komentar