Cara Cepat Mengecilkan Perut Setelah Melahirkan

By
Advertisement


Setelah melahirkan bayi anda dengan selamat, tentu saja meninggalkan penampilan yang kurang menarik bila kulit perut terlihat kendor. Setelah melahirkan, perut nampak seperti sekumpulan jelly yang menggantung. Kali ini kita akan bahas cara yang bisa dilakukan untuk mengecilkan perut setelah melahirkan. Sehingga perut menjadi lebih kencang dan langsing.

Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk melangsingkan perut pasca melahirkan ?


Sembilan bulan perut anda membesar, yang bertujuan untuk memberikan ruang dalam perkembangan janin. Setelah melahirkan, rahim akan menyusut kembali ke ukuran normal ( sebesar kepalan tangan) selama 6 hingga 10 minggu berikutnya.

Bagaimana bila melahirkan dengan cara caesar?

Persalinan dengan cara caesar adalah melakukan operasi pada perut dan waktu pemulihannya lebih lama dibanding kelahiran secara normal. Biasanya memerlukan waktu 6 sampai dengan 8 minggu agar bekas jahitan dan organ internal benar benar sembuh Dan juga diperlukan waktu yang lebih lama untuk perut kembali langsing pasca melahirkan.

Contoh Latihan Yang Aman

Sama seperti kehamilan yang berlangsung berbulan-bulan, mengecilkan perut pasca melahirkan juga butuh beberapa waktu. Anda bisa mulai dengan latihan ringan setelah melahirkan, diantaranya:

Langkah 1. Napas dalam-dalam.

Mengecilkan perut harus bertahap dan melakukan latihan pernafasan merupakan awal dari rangkaian latihan ringan sehabis melahirkan. Setelah melahirkan bisa langsung dimulai dengan menghirup nafas dalam-dalam. Lalu menghembuskannya secara perlahan-lahan dan ulangi hingga 5 kali. Latihan ini bertujuan untuk memperkuat otot neuromuskuler.

Langkah 2. Menyusui.

mengecilkan perut setelah melahirkan

Kegiatan menyusui bayi anda dapat untuk membakar kalori dan membantu melepaskan hormon oksitosin yang memicu rahim untuk mengecil dan mengembalikan ukuran rahim ke bentuk semula.

Langkah 3. Latihan perut.
Lakukan latihan perut dengan cara berdiri dengan mengempiskan perut dan menahannya beberapa menit. Lakukan berualng kali sepanjang hari, selain berdiri bisa juga dilakukan dengan cara duduk.

Langkah 4. Latihan paggul.
Setelah perut benar-benar sembuh dan oleh dokter boleh melakukan olah raga . Lakukan dengan cara tidur telentang dengan lutut ditekuk ke atas. Secara pelan tarik nafas dan sambil mengangkat perut ke atas. Setelah itu buang nafas dan rebahkan tubuh kembali ke lantai. Lakukan pengulangan sebanyak 5 kali.

cara mengecilkan perut pasca melahirkan


Langkah 5. Tambahkan aktivitas aerobik.
Latihan aerobik membantu pembakaran kalori dan lemak yang baik untuk kesehatan. Bisa dengan cara mengajak berjalan-jalan bayi anda dengan kereta dorong. Setelah terbiasa bisa dengan menambah jarak yang lebih jauh lagi.

Peringatan: Sebelum memulai latihan sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu, apakah tubuh anda telah siap dan fit untuk mekakukan program latihan di atas.

Tips Melangsingkan Perut Setelah Melahirkan


Melangsingkan perut bisa dilakukan dengan cara latihan ringan seperti di atas. Cara lainnya adalah dengan diet sehat dan konsumsi bahan-bahan alami yang menunjang latihan agar perut dapat kembali langsing.

1. Minum air lemon dan madu.
Mulailah pagi hari Anda dengan minum segelas air hangat saat perut kosong. Anda dapat menambahkan 1 sendok makan jus lemon segar dan setengah sendok teh madu. Dapat bertujuan untuk untuk membakar lemak di perut dengan cepat.

2. Minum teh hijau.
Minum teh hijau setiap hari juga dapat membantu mengecilkan ukuran pinggang anda dan mengurangi lemak perut yang berlebih. Teh hijau membakar sel-sel lemak dan meningkatkan metabolisme Anda.

3. Makan apel.
Apel mengandung antioksidan dan pektin yang membantu pembakaran lemak di perut. Pektin mengurangi kemampuan tubuh untuk menyerap lemak dan antioksidannya dapat mencegah gangguan metabolisme akibat kelebihan lemak.

4. Diet sehat.
Diet sehat berperan dalam mengecilkan perut dengan selalu makan buah segar dan sayuran . diet yang sehat memberikan vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh agar tetap berenergi.

5. Membagi waktu makan.
Daripada makan 3 kali sehari, lebih baik 4-5 kali namun dalam jumlah yang sedikit.

Hal-hal yang harus diperhatikan

  1. Wanita harus menghindari menggunakan jamu untuk melangsingkan perut tanpa konsultasi dengan dokter.
  2. Bila anda melahirkan secara sesar, sebaiknya lakukan penyembuhan tubuh anda terlebih dahulu sebelum malakukan program pelangsingan.
  3. Lakukan cek kesehatan sebelum memulai latihan.
  4. Waktu yang tepat untuk melakukan latihan adalah 6 bulan setelah melahirkan.
  5. Hindari Stres karena dapat menyebabkan kenaikan berat badan.
  6. Hindari alkohol, atau minuman bersoda. Karena dapat menyebabkan lemak menumpuk pada perut.

Demikian artikel mengenai cara mengecilkan perut setelah melahirkan, segala sesuatu butuh waktu dan juga kesabaran untuk memperoleh bentuk ideal setelah melahirkan. Semoga bermanfaat dan jika berkenan bantu share ya.

Artikel Sebelumnya

Proses Melahirkan Secara Normal

0 comments:

Posting Komentar