Segala Hal Tentang Bedrest Yang Ibu Hamil Harus Ketahui

By
Advertisement
Bedrest total

Anda pasti pernah mendengar istilah bed rest, kalau di artikan sebenarnya bed rest itu apa sih?. Pengertian bedrest adalah suatu prosedur yang disarankan oleh dokter terhadap seseorang untuk istirahat dalam periode waktu tertentu. Bed rest dilakukan merujuk pada kondisi medis sesorang yang memang harus membutuhkan istirahat yang cukup tanpa melakukan aktivitas yang berat.

Meski dari artinya bed adalah tempat tidur rest adalah istirahat, istilah bed rest tidak selalu harus tiduran. Memang ada ibu hamil yang memang benar-benar harus berbaring di tempat tidur saat bed rest, bahkan mandi hingga buang air kecil pun harus dilakukan dengan menggunakan pispot. Inilah yang dinamakan dengan bed rest total, biasanya dialami oleh ibu hamil yang mengalami resiko perdarahan yang tinggi.

Sejarah Bed Rest

Asal muasal bes rest dilakukan pada abad ke-19 yang dikhususkan untuk perawatan gangguan kejiwaan ( khususnya Histeria). Pasien diasingkan dalam tempat tersendiri dan jauh dari keluarga, hanya perawat dan dokter yang boleh melihat dan merawatnya. Dulu pasien tidak diperbolehkan menggunakan tangannya sama sekali.

Sumber: Wikipedia

Metode ini diciptakan oleh Dr Silas weir mitchell dan banyak diterapkan pada wanita yang mengalami depresi ( terutama pasca-melahirkan). Pertengahan abad ke-20 bed rest masih jadi pengobatan utama khususnya untuk penyakit darah tinggi yang akut, demam, radang sendi dan radang otot jantung.

Mengapa Harus Bed Rest?

Bed rest umumnya disarankan jika ada resiko kehamilan. Berikut adalah daftar komplikasi yang menyebabkan anda harus bed rest:

  • Tekanan darah tinggi
  • Perubahan serviks (melemahnya mulut rahim)
  • Perdarahan
  • Kelahiran prematur
  • Memiliki riwayat keguguran
  • Diabetes gestational
  • Komplikasi plasenta ( solusio plasenta, plasenta previa, dan akreta plasenta)
  • Terjadi kontraksi sebelum usia kehamilan mencukupi
  • Memiliki bayi kembar
  • Air ketuban pecah

Baca Juga : Bahayakah Jika Air Ketuban Terlalu Banyak?

Dimana Bed Rest Sebaiknya Dilakukan?

Biasanya bed rest dilakukan di rumah namun tetap dalam pengawasan dan kontrol dari dokter. Semua itu tentunya kembali lagi dari kondisi ibu hamil tersebut. Bila kondisi cukup aman dan tidak berpotensi membahayakan maka bisa saja anda tidak perlu bed rest di rumah sakit. Selama masa bed rest pemberian vitamin dan obat bertujuan mempersingkat masa pemuliahan.

Tujuan Bed rest

Sesuai dengan namanya bed rest bertujuan agar ibu hamil beristirahat sehingga kondisi fisik dan psikis tetap terjaga. Selain itu dengan bed rest bertujuan mencegah kelahiran prematur, serta beberapa kondisi seperti kalahiran pre-eklampsia, perubahan serviks, riwayat keguguran sebelumnya, diabetes gestasional, dan komplikasi pada plasenta.

Berapa Lama Harus Bed Rest?

Berapa lama bed rest baik total maupun setengah bed rest lamanya tidak bisa ditentukan, semua itu kembali lagi pada kondisi, penyebab, dan usia kehamilan.

Apa Yang Perlu Dilakukan Jika Dokter Menyarankan Anda Harus Bed Rest?

Yang pasti semua saran dokter harus dipatuhi dan dijalankan. Jangan lupa juga untuk menanyakan kepada dokter hal-hal apa saja yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan saat bed rest nantinya.

Posisi Tidur Saat Bed Rest

Posisi terbaik untuk ibu hamil tergantng situasi dan kondisi kehamilan anda. Namun sebagian besar dokter menyarankan berbaring dengan posisi miring

Baca juga: Posisi Tidur Ibu Hamil Yang Seharusnya

Apakah Bed Rest Memiliki Resiko?

Bed rest yang terlalu lama ada resikonya namun tidak terlalu signifikan. Berbaring untuk beberapa minggu beresiko mengalami DVT ( Deep Vein Thrombosis) yakni pembekuan darah pada kaki yang disebabkan terhambatnya sirkulasi darah. Sebagian besar kasus DVT tidak terlihat namun jika mangalami sakit dan bengkak pada kaki, sesak nafas atau pusing segera periksa ke dokter.

Bagaimana Mengatasi Kebosanan Saat Bed Rest?

Bed rest yang berlangsung lama tentu membuat anda bosan bukan?. Namun ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan saat bed rest. Tapi tentunya jenis kegiatan juga perlu disesuaikan dengan kondisi kehamilan. Sebaiknya tanyakan pada dokter tentang kegiatan yang biasa anda lakukan di rumah.

bedrest adalah

Tips Bed rest


Selama Bed rest Total sebisa mungkin untuk mengurangi aktivitas anda, maka untuk mengatasinya. Berikut daftar item yang harus berada sedekat mungkin dengan anda:

  • Telepon, handphone,charger
  • Pen, kertas
  • Sikat, sisir, dan cermin
  • Buku, majalah, bacaan lainnya
  • Remote TV,AC
  • Komputer, Laptop
  • Kosmetik dan peralatan lainnya

Bedrest adalah hal yang wajib diperhatikan saat hamil, apakah anda pernah menjalani bed rest sebelumnya?. Silahkan share pengalaman anda tentang bed rest pada kolom komentar.

0 comments:

Posting Komentar