17 Bahan Berbahaya Dalam Kosmetik: Ibu Hamil Wajib Tau !!

By
Advertisement
bahan kosmetik berbahaya untuk ibu hamil

Produk yang biasa anda gunakan dulu bisa jadi tidak berbahaya saat digunakan pertama kalinya, namun saat hamil bisa jadi malah sebaliknya. Kehamilan adalah sebuah momen yang membahagiakan tapi juga butuh perhatian khusus. Mulai dari apa yang kita makan, waktu istirahat yang cukup, olah raga dan yang tak kalah pentingnya yakni masalah penampilan dan perawatan kecantikan saat kita hamil.

Perubahan horman saat hamil mempengaruhi kecantikan itu sendiri. Beberapa wanita mengeluh kulit mereka jadi lebih berminyak, muncul flek hitam, jerawat dsb. Hal ini bisa saja diatasi dengan penggunaan produk-produk kecantikan yang biasa kita gunakan.

Namun pertanyaannya apakah bahan yang digunakan produk kosmetik dan kecantikan tersebut aman untuk ibu hamil?.

Baca Juga: Ketahui Sejak Dini Tanda Bahaya Pada Kehamilan.

Dibawah ini daftar bahan untuk produk kosmetik yang berbahaya untuk ibu hamil, oleh para dokter harus dihindari.


1. Merkuri
Dampak berbahaya dari merkuri yakni menyebabkan adanya kerusakan saraf secara permanen serta mengganggu perkembangan janin. Merkuri biasanya ditemukan pada produk-produk kecantikan seperti pemutih kulit.

2. Retinoid
Penggunaan Retinoid bisa berakibat efek teratogenik yakni cacat atau kelainan pada janin. Biasanya terdapat pada krim untuk mengatasi jerawat.

3. Betab Hydroxy
Biasanya ditemukan pada produk berupa krim anti jerawat yang penggunaanya dengan cara dioleskan pada kulit. Menggunakannya saat trimester terakhir masa kehamilan dapat mengakibatkan perdarahan spontan pada otak. Termasuk bahan sejenis di antaranya: Salicylic Acid (BHA), Hydroxypropionic Acid, Trethocanic Acid dan Tropic Acid.

4. Hydroquinone
Hydroquinone adalah bahan pemutih pada produk kosmetik. Riset penggunaan hydroquinone dilakukan pada hewan menunjukkan terjadinya peningkatan potensi keguguran, berat bayi rendah, serta gangguan perkembangan pada janin. Termasuk sejenis dengan Hydroquinone: Idrochinone dan Quinol/1-4 dihydroxy benzene/1-4 hydroxy benzene.

5. Benzoil Peroxyde
Biasanya ditemukan pada produk anti jerawat.

6. Soy
Soy atau kedelai adalah fitoestrogen yang justru dapat menambah efek bercak hitam pada ibu hamil. Biasanya terdapat pada produk pelembab dan juga sabun.

7. Tabir Surya Kimiawi
Bahan ini terdapat pada beberapa produk tabir surya, penggunaannya dapat menyebabkan ketidakseimbangan hormon. Termasuk bahan sejenis diantaranya: Avobenzone, Homosalate, Octisalate, Octocrylene, Oxybenzone, Oxtinoxate, Menthyl Anthranilate dan Oxtocrylene.

8. Rhodamin
Rhodamin biasanya terdapat dalam make up dengan warna-warna yang mencolok. Pemakaian Rhodamin bisa menyebabkan timbulnya kanker kulit pada ibu hamil dan juga kecacatan pada janin.

9. Diethanolamine (DEA)
Ditemukan pada produk untuk kecantikan rambut dan perawatan tubuh, termasuk diantaranya: Oleamide DEA, Lauramide DEA dan Cocamide DEA.

10. Dihydroxyacetone (DHA)
Bisa ditemukan pada produk untuk perawatan rambut dalam bentuk spray, bisa berbahaya jika terhirup.

daftar kosmetik berbahaya

11. Formaldehyde
Ditemukan pada produk pelurus rambut, pewarna kuku dan lem bulu mata. Termasuk juga: Quaternium-15, Dimethyl-Dimethyl (DMDM), Hydantoin, Imidazolidinyl Urea, Diazolidinyl Urea, Sodium Hydroxymethylglycinate, dan 2-bromo-2-nitropropane-1, 3-diol (bromopol).

12. Retinol
Memiliki resiko terhadap janin dan biasanya terdapat dalam resep obat untuk perawatan kulit. Bahan sejenisnya yakni: Retin-A, dan Palmitat retinil.

13. Thioglycolic Acid
Ditemukan pada produk penghilang rambut, Biasanya di beri label : Asetil Merkaptan, Mercaptoacetate, Mercaptoacetic Acid dan Thiovanic Acid.

14. Toluene
Ditemukan pada poles kuku, diantaranya: Methylbenzene, Toluol dan Antisal 1a.

15. Aluminum Chloride Hexahydrate
Ditemukan dalam produk antiperspiran (pencegah keringat) berbeda dengan deodoran yang berfungsi menghilangkan bau pada ketiak. Pasalnya antiperspiran oleh para dokter dianggap sebagai penyebab kanker. Termasuk juga diantaranya: Aluminium chlorohydrate.

16. Parabens
Ditemukan pada produk parfum dan poles kuku.

17. Pewarna Rambut
Penggunaan pewarna rambut harus dihindari selama 12 minggu masa awal kehamilan, dimana proes pembentukan tubuh janin dimulai.

Baca Juga: Perkembangan Janin Secara Lengkap

Demikian 17 jenis bahan dari kosmetik yang berbahaya bagi ibu hamil, memang membosankan jika harus memilah-milah apakah produk tersebut berbahaya atau bukan. Namun segala keputusan ada ditangan anda apakah ingin punya bayi yang sehat atau mengambil resiko kesehatan pada janin anda.

Bisa juga anda tanyakan mengenai produk apa yang boleh untuk ibu hamil pada dokter atau bidan anda. Kalau ada bahan lainnya yang belum saya sebutkan di atas, cantumkan di kolom komentar di bawah dan akan saya update artikel ini agar dapat lebih bermanfaat untuk kita semua.

0 comments:

Posting Komentar