45 Jenis Makanan Penyubur Kandungan Agar Wanita Cepat Hamil

By
Advertisement
makanan penyubur kandungan

Hamil Care - Makanan penyubur kandungan merupakan salah satu cara agar cepat hamil. Namun saat seorang memiliki kesulitan untuk hamil, memilih untuk makan makanan sehat, bergizi dan alami adalah wajib. Ahli gizi mengatakan bahwa jenis makanan yang kaya akan mineral, vitamin, lemak dan protein essensial dapat meningkatkan kesuburan baik pria maupun wanita.

Lantas jenis makanan untuk penyubur kandungan apa saja agar wanita cepat hamil?.

Baca Juga: Tips Agar Cepat Hamil

Jenis Makanan penyubur kandungan agar cepat hamil

Berikut ini jenis makanan penyubur kandungan dikelompokkan dalam beberapa kategori sayuran, buah buahan dan jenis makanan penyubur kandungan lain, diantaranya:

Sayuran penyubur kandungan


1. Sayuran berdaun hijau: Kaya akan asam folat dan zat besi, merupakan salah satu makanan sempurna untuk Anda yang berencana untuk hamil. Berfungsi mengembangkan dan menguatkan lapisan endometrium ( lapisan dalam rahim). Bisa  ditemukan dalam bayam, kangkung, sawi hijau dsb.

2. Kol (kubis): Banyak dari kita tidak terlau suka dengan kol, namun untuk kali ini Anda harus mulai untuk mencoba memakannya. Hal ini dikarenakan memiliki indole metana yakni berperan dalam metabolisme hormon estrogen dan mencegah pembentukan fibroid dan endometriosis.

3. Brokoli: Sayuran ini sejak dulu dikenal sebagai salah satu sayuran penyubur kandungan terbaik dengan banyak sekali gizi, diantaranya: asam folat, zat besi dan nutrisi penting lainnya. Selain itu merupkan sumber vitamin C yang dibutuhkan ovarium untuk pematangan proses dan ovulasi.

4. Kentang: Adalah sumber vitamin B dan E, meningkatkan pembelahan sel dan kesempatan ovum untuk memproduksi sel telur yang sehat.

5. Asparagus: Asparagus merupakan antioksidant yang kaya vitamin C dan asam folat. Manfaat asam folat berguna membantu kesuburan baik pria dan wanita.

6. Selada: Memiliki vitamin C, Vitamin K, kalsium, beta-karoten, zat besi dan juga yodium. Selain sebagai zat anti oksidan juga berguna mengurangi stres.

7. Toge ( kecambah): Kecambah memiliki fungsi untuk meningkatkan kesuburan pada rahim. Selain itu vitamin E, anti oksidan berguna menjaga sel telur dan juga sprema.

Buah buahan penyubur kandungan


1. Buah Jeruk: Kaya akan vitamin C dan berfungsi membantu produktivitas sel telur oleh ovarium.
buah buahan penyubur kandungan

2. Buah Delima: Terlepas dari manfaat untuk kesehatan buah delima meningkatkan libido baik pria maupun wanita.

3. Pisang: wanita dengan siklus menstruasi teratur memiliki resiko lebih rendah terhadap infertilitas (kondisi rahim kurang subur) dan komplikasi kehamilan. Vitamin B6 pada pisang sangat baik untuk menjaga siklus mensatruasi agar teratur sehingga meningkatkan kesuburan.

4. Nanas: Memiliki serat dan mangan yakni  mineral yang berperan penting dalam hormon reproduksi. Selain itu infertilitas berkaitan dengan rendahnya jumlah mangan di dalam tubuh.

5.Buah Merah (Beetroot): Buah merah ini meski kurang akrab ditelinga kita namun buah merah ini merupakan sumber resveratrol (anti oksidan), dan diyakini mampu mengurangi infertilitas. Kaya akan nitrat dan membantu meningkatkan aliran darah ke dalam uterus dan membantu pembentukan embrio. Beet root sudah banyak tersedia di super market dan biasanya dibuat jus atau sayur.

6. Strawbery: Vitamin C dalam buah strawbery seperti halnya pada jeruk menjaga tubuh dari radikal bebas.

7. Kurma: Khususnya kurma yang telah dikeringkan dapat menguatkan rahim.

8. Buah Alpukat: Memiliki asam folat yang sangat penting untuk Anda yang ingin hamil atau sedang hamil. Selain itu vitamin K pada alpukat bermanfaat untuk ibu dan bayinya.

9. Tomat: Tomat memiliki likopen yakni zat anti oksidan untuk menghalau radikal bebas. Selain itu Untuk pria likopen berguna untuk kesehatan sperma.

Baca Juga: Manfaat Buah Semangka Untuk Ibu Hamil


Makanan Non-Vegetarian


1. Telur: Telur merupakan makanan yang baik untuk kesuburan. Kaya akan kolin, folat, asam lemak omega 3 dan vitamin D.

Baca Juga: Manfaat Asam Folat

2. Ikan salmon: Ikan salmon adalah pilihan terbaik, memiliki asam lemak omega 3 dan nutrisi penting lainnya.

3. Tiram: Hampir sejenis dengan kerang namun Biasanya orang lebih suka kerang daripada tiram karena faktor rasa. Dapat juga meningkatkan kesuburan maka tidak ada salahnya untuk dicoba.

4. Shell fish: salah satu jenis Sea food yang memiliki vitamin B12 berguna untuk menjaga kadar hormon estrogen dalam batas normal dan  implantasi terhadap sel telur yang dibuahi. Termasuk dalam kategori shell fish seperti : kerang ,udang, lobster, kepiting.

5. Ikan mackarel (sarden): Nutrisi seperti asam lemak esensial sangat penting bagi sisitem reproduksi baik untuk pria maupun wanita. Kekurangan asam lemak mengakibatkan peningkatan kadar kolesterol.

6.Daging merah (Rendah lemak): Daging merah merupakan sumber zat besi dan protein. Diperlukan sebagai sumber energi dan memperlancar aliran darah. Porsi yang dianjurkan yakni 100 gr daging merah selama 3 kali seminggu.

Jenis rempah-rempah


1. Kunyit: Kunyit berguna untuk menyehatkan kehamilan, kunyit juga kaya akan zat anti oksidan.

2. Cabai: Cabai berguna dalam memperlancar aliran darah ke seluruh tubuh terutama pada sistem reproduksi. Cabe membantu proses endorfin ( hormon anti depresi) sehingga mengurangi depresi.

3. Bawang putih: Salah satu bumbu dapur ini memiliki nutrisi tinggi seperti selenium yakni mineral yang  berguna sebagi perlindungan terhadap keguguran sehingga meningkatkan kesempatan untuk hamil.

4. Jinten: Jinten selain baik bagi janin juga bisa mengatasi sakit jantung dan susah tidur( insomnia).

Jenis Minyak Esensial

1. Minyak zaitun: Minyak zaitun merupakan lemak tak jenuh tunggal yang sangat penting dalam menjaga kesehatan jantung, penyubur kandungan wanita, membantu mengurangi peradangan dan mencegah terjadinya komplikasi.

2. Minyak ikan cod (Cod liver oil):Terdiri atas asal lemak omega 3 yang berguna dalam pertumbuhan dan mencegah komplikasi kehamilan. Selain itu juga menjaga kadar hormon agar tetap normal.

Baca Juga: Tanda dan Penyebab Keguguran

Jenis kacang dan biji-bijian


1. Kacang Mete: Protein, zinc, vitamin E dan zat anti oksidan di dalam kacang mete serta ditambah dengan lemak nabati sangat baik untuk kesehatan terutama ibu yang sedang hamil. Dalam hal kesuburan janin dan pria maka kacang mete sangat baik untuk kita konsumsi.

2. Kacang tanah: etiap jenis kacang memiliki protein tinggi, vitamin E dan anti oksidan. Makan tiap hari maksimal 100 gram untuk memperoleh khasiat dari kacang tanah.

3. Kacang almon: Meski hampir semua jenis kacang baik untuk ibu hamil, namun kacang almon merupakan  yang terbaik. Kaya akan vitamin E dan asam lemak omega 3 keduanya berguna untuk menjaga kesuburan.

4. Kacang polong: Meningkatkan zinc dalam tubuh, dimana zinc berperan menjaga keseimbangan hormon estrogen dan progesteron. Sedang bagi pria meningkatkan kesuburan dan kualitas sperma.

5. Biji labu: untuk variasi nutrisi bisa mengkonsumsi biji labu, selain kaya akan banyak nutrisi juga berguna dalam proses pembelahan sel selama tahap embrio.

6. Biji rami: Biji rami mengandung asam lemak omega 3 dan lignin yang mana berperan dalam menyuburkan kandungan serta membantu mengurangi fibroid.

7. Gandum: Gandum merupakan salah satu jenis makanan dengan karbohidrat kompleks dan kaya akan serat. Karbohidrat dalam gandum berfungsi menstabilkan darah dan kadar insulin di dalamnya, meski karbohidrat dapat membuat gemuk namun untuk ibu hamil sangatlah dianjurkan.

8. Biji bunga matahari: Biji bunga matahari ( biasa disebut kwaci) merupakan cemilan yang menyehatkan. Memiliki protein dan zinc (besi) yang tinggi.

9. Beras merah: Biasa digunakan khusunya bagi penderita diabetes dalam menjaga kadar gula dalam batas normal serta berpengaruh menyuburkan kandungan.

Makanan lainnya:


1. Semua jenis susu: Untuk Anda yang ingin cepat memiliki anak dianjurkan untuk minum susu ( selain susu skim). Hal ini dikarenakan susu kaya akan lemak sehat dan juga tinggi kalsium.

2. Cokelat: Bagi yang suka cokelat ini sangat cocok untuk Anda, cokelat memang tidak berpengaruh secara langsung terhadap kesuburan. Namun makan cokelat mampu memberikan rasa senang akibat senyawa dalam cokelat mampu menekan ketegangan, depresi dan juga stres. Stres dan depresi dapat membuat peluang kemungkinan untuk hamil jadi lebih kecil.

Baca Juga: Ingin Punya Bayi Wangi Dan Bersih Saat Kelahiran?

3. Madu: Madu sangat kaya akan manfaat terutama bagi kesehatan seperti sumber energi, sistem imun dan banyak manfaat lainnya, terutama untuk wanita hamil sangatlah dianjurkan. Apalagi sekarang banyak dijual madu kesuburan dengan berbagai jenis madu kerena khasiatnya tersebut.

4. Tahu: Besi dalam tahu bermanfaat dalam meningkatkan kesuburan. Ahli kesehatan wanita di amerika menunjukkan bahwa kekurangan besi berakibat berkurangnya jumlah sel telur dan mempengaruhi proses ovulasi.

5.Rumput laut: Rumput laut biasa digunakan pada gulungan sushi, ada 3 jenis yakni rumput laut hijau, merah dan coklat. Memiliki nutrisi tinggi khusunya bagi ibu hamil yakni membantu tumbuh kembang bayi. Nutrisi lainnya seperti: asam folat, kolin, kalsium, vitamin B12 dan vitamin K.

6. Es krim: Manfaat es krim yakni mengurangi stres. Membuat Anda menjadi lebih tenang seperti halnya cokelat.

7. Keju: Memiliki banyak sekali kalsium, juga kaya akan lemak hingga cocok untuk rahim Anda. Namun ingat hanya pilih keju yang telah dipasteurisasi saja.

8. Daun kemangi: Biasa di gunakan sebagai lalapan dan juga untuk mencegah bau badan dan mulut. Mempunyai zat boron sebagai penghasil hormon estrogen yang mana bermanfaat pada organ reproduksi wanita dan juga pria.

Diet dan nutrisi yang buruk berpengaruh terhadap tubuh serta mengurangi kemungkinan untuk bisa hamil. Diet dengan mengurangi asupan nutrisi merupakan salah satu penyebab infertilitas wanita. Mengurangi beberapa jenis makanan yang mana nutrisi tersebut diperlukan untuk menyehatkan kandungan.

Sekali lagi bila Anda ingin berencana memiliki buah hati jangan lupa daftar makanan penyubur kandungan yang alami, juga membantu menjadikan bayi Anda sehat. Semoga artikel Jenis makanan penyubur kandungan agar cepat hamil ini bermanfaat dan Anda bisa segera cepat hamil.


Artikel Terkait:

  1. Nutrisi Ibu Hamil
  2. Makanan Wajib Ibu Hamil
  3. Jenis Makanan Yang Mengandung Asam Folat
  4. Makanan Terlarang Untuk Ibu Hamil

0 comments:

Posting Komentar