Sembelit Pada Ibu Hamil

By
Advertisement
sembelit pada ibu hamil

Sembelit merupakan masalah umum yang sering kali terjadi pada ibu hamil, karena rata-rata hampir setengah dari ibu yang sedang hamil mengalami masalah sembelit atau konstipasi. Salah satu penyebab sembelit adalah peningkatan hormon progesteron yang tinggi sewaktu hamil, sehingga melemaskan otot-otot di seluruh tubuh termasuk juga di saluran pencernaan.

Dengan meningkatnya hormon progesteron berakibat proses pencernaan makanan yang melewati usus menjadi lebih lambat dibanding saat sebelum hamil. Keadaan ini semakin ditambah dengan adanya tekanan pada rektum oleh rahim yang semakin membesar karenan perkembangan janin setiap minggunya. Penggunaan vitamin prenatal yang mengandung zat besi tinggi juga menyebabkan timbulnya sembelit.

Cara mengatasi sembelit


Berikut ini adalah beberapa cara untuk mencegah dan mengurangi sembelit pada ibu hamil:

  • Mengkonsumsi makanan yang mengandung serat yang tinggi seperti: sereal, roti, beras merah, kacang-kacangan, dan buah-buahan segar dan sayuran setiap hari. Jangan lupa untuk selalu meningkatkan gizi ibu hamil untuk mencegah terjadinya sembelit.
  • Minumlah banyak air minimal delapan gelas perhari atau bisa juga diselingi dengan minum segelas jus buah segar tiap hari.
  • Berolahraga secara rutin seperti jalan sehat, berenang, bersepeda statis, dan yoga.
  • Jangan pernah menunda pergi ke kamar mandi ketika telah merasakan dorongan untuk buang air besar.
  • Jika multivitamin Anda mengandung zat besi dengan dosis yang tinggi (padahal tidak sedang anemia), mintalah dokter untuk beralih ke suplemen atau vitamin yang mengandung sedikit zat besi. Beberapa vitamin mengandung pelembut tinja dan mengandung Docosahexaenoic acid (DHA).
  • Jika langkah di atas tidak dapat membantu segera konsultasikan dengan dokter mengenai penggunaan suplemen serat atau pelunak tinja.

Sembelit akan memepersulit buang air besar sehingga seringkali harus mengejan saat buang air besar. Sembelit dapat menyebabkan atau bahkan memperburuk penyakit ambeien atau wasir. Namun terkadang sembelit dapat menjadi penyebab dari masalah lain seperti waktu istirahat anda menjadi kurang teratur.

Bila ibu hamil saat ini mengalami sembelit yang parah disertai dengan nyeri pada perut, dan keluarnya darah, segeralah menghubungi dokter atau bidan terdekat, Bisa jadi itu mungkin merupakan salah satu dari tanda bahaya bagi ibu hamil.


0 comments:

Posting Komentar