Senam Ibu Hamil: Peregangan.

By
Advertisement
senam bagi ibu hamil

Bagi ibu yang sedang hamil pasti akan merasakan banyak sekali ketidaknyamanan selama masa kehamilannya. Dengan melakukan senam hamil mungkin jawaban dari keluhan yang sering di alami ketika hamil seperti masalah kandung kemih, kram, sakit punggung, sesak napas dan pergelangan kaki bengkak.

Senam hamil bisa dilakukan di rumah dan senam hamil juga dapat membantu melepaskan ketegangan pada punggung dan mengurangi rasa sakit pada otot hamstring. Membantu otot menjadi lebih lentur dan hangat untuk mengurangi ketegangan selama beristirahat akibat posisi tidur yang kurang nyaman.

Gerakan senam hamil yang sederhana


  • Kita dapat melakukan putaran tubuh dengan menggunakan bola kebugaran. Dengan cara duduk dilantai dengan lengan dan kedua kaki membentang kedepan sambil memegang bola kebugaran. Perlahan-lahan putar tubuh bagian atas ke kanan. Tahanlah selama beberapa detik lalu kembali ke posisi semula. Lakukan hal yang sama untuk sisi yang lainnya. Ulangi hingga 10 kali dan bila merasa kurang nyaman cobalah untuk duduk di atas tikar atau handuk.

senam bagi ibu hamil

  • Senam peregangan ini bertujuan untuk meregangkan otot punggung, panggul dan juga paha. Mulailah dengan posisi merangkak dengan bertumpu pada telapak tangan dan lutut namun jagalah lengan agar tetap lurus dan tepat di bawah bahu. Lakukan gerakan mundur secara perlahan-lahan sambil bertumpu pada lutut, dan kepala mengarah ke lutut. Tahanlah selama beberapa detik lalu kembali ke posisi semula dan lakukan sebanyak 10 kali.

senam bagi ibu hamil

  • Senam hamil ini juga dapat membantu mengatasi sakit punggung. Lakukan posisi seperti pada gambar di atas dengan bertumpu pada tangan dan lutut dengan kepala sejajar dengan punggung. Tarik perut anda ke atas seperti tubuh membentuk seperti lingkaran. Kemudian Tahanlah selama beberapa detik, setelah terbiasa turunkan perlahan-lahan dan menjaga posisi punggung sedatar mungkin. Jangan biarkan melorot ke punggung. Lakukan secara berulang-ulang sebanyak 10 kali.

senam bagi ibu hamil

  • Cara lain untuk meregangkan otot-otot di punggung bagian bawah. Dengan berdiri tegak dengan punggung yang menempel pada dinding, kemudian lebarkan kedua kaki hingga selebar bahu. Kemudian dorong tubuh ke dinding. Tahanlah selama beberapa detik lalu kembali ke posisi semula. Lakukan secara bertahap sebanyak 10 kali.

senam bagi ibu hamil

  • Senam ini hanya dapat dilakukan dengan bola kebugaran. Caranya adalah dengan duduk di lantai dan punggung bersandar pada bola kebugaran, posisikan kaki di lantai dengan lengan di sisi tubuh, lalu dorong punggung ke atas. Tahanlah selama beberapa detik lalu kembali ke posisi semula. Lakukan secara bertahap sebanyak 10 kali.

senam bagi ibu hamil

  • Ibu hamil juga bisa melakukan peregangan mundur menggunakan bola kebugaran. Dengan mulai berlutut dengan kedua tangan lurus ke depan dan berpegangan pada bola kebugaran, seperti yang ditunjukkan gambar di atas. Bergeraklah mundur secara perlahan-lahan dengan bertumpu pada lutut. Tahan selama beberapa detik lalu kembali ke posisi semula. Lakukan secara bertahap hingga 10 kali pengulangan.

senam bagi ibu hamil

  • Untuk meregangkan otot-otot di punggung bagian atas, coba lakukan rotasi tubuh. Duduklah di lantai dengan kaki disilangkan. Tahan lutut kaki kanan dengan tangan kiri anda. lalu secara bergantian letakkan tangan kiri di belakang tubuh dan tangan kanan menahan lutut kaki kiri, lakukan secara perlahan-lahan dengan memutar tubuh bagian atas ke kanan. Tahan selama beberapa detik, lalu kembali ke posisi awal. Lakukanlah Secara bertahap sebanyak 10 kali pada kedua sisi, dan dapat dilakukan dengan bertumpu pada handuk agar merasa nyaman.

Lakukan senam hamil ini untuk meregangkan otot-otot yang menegang dan semoga memberikan kenyamanan bagi ibu hamil agar senantiasa segar dan fit selalu. Senam hamil bisa dilakukan setiap hari atau kapanpun bila dirasa kurang nyaman dengan tubuh kita, namun tetap disertai dengan makan makanan yang sehat bagi ibu hamil. Lakukan dengan hati-hati dan jangan lupa konsultasikan dengan dokter bila di rasa kurang nyaman.

Artikel Selanjutnya:

Latihan kegel bagi ibu hamil

0 comments:

Posting Komentar