Apakah Musik Klasik Baik Bagi Kecerdasan Janin?

By
Advertisement

musik untuk bayi cerdas

Banyak orang yang mempercayai bahwa memperdengarkan musik selama bayi masih di dalam kandungan, bisa membuat bayi menjadi lebih pintar. Jenis musik yang dipercaya baik untuk perkembangan otak bayi adalah musik klasik.

Maka ketika ini banyak sekali ibu hamil yang rutin mendengarkan musik klasik ketika hamil, meskipun mereka tidak menyukainya. Sementara itu, banyak ibu hamil lain yang mendengarkan semua jenis musik yang disukainya, mulai dari pop, R&B, hingga rock.

Sampai ketika ini, belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa musik klasik bisa meningkatkan kecerdasan bayi selama dalam kandungan. Penelitian mengenai hubungan musik dengan kecerdasan, yang pernah dilakukan oleh Gordon Shaw, seorang ahli neuroscience, University of California, hanya berfokus pada anak-anak, bukan hanya pada janin.

Baca Juga: Perkembangan Janin

Hasilnya adalah bahwa anak yang telah mendengarkan musik secara teratur memiliki kemampuan yang lebih baik dalam berpikir. Hal ini bisa saja terjadi karena alunan not dalam musik bisa menstimulasi sel-sel otak untuk terus bekerja, sehingga kecerdasan anak akan semakin terasah. Hasil penelitian tersebutlah, yang menjadi dasar sehingga banyak peneliti juga menarik kesimpulan yang sama jika diberlakukan pada janin.

Seorang dokter kandungan di California, pernah meneliti janin yang telah berusia 33 minggu yang diperdengarkan musik Beethoven. ketika itu, bayi di dalam kandungan dapat bernapas mengikuti irama lagu tersebut, yang berarti bayi belajar sesuatu dari irama lagu dan menikmatinya. Namun penelitian tersebut tidak dianggap sebagai sebuah hasil penelitian yang valid.

Dengarkanlah musik karena Anda memang menikmatinya, bukan semata-mata karena ingin membuat janin Anda nantinya menjadi anak yang cerdas. Pilihlah jenis musik yang memang benar-benar Anda suka dan mendengarkannya dengan volume yang wajar. Musik bisa membuat kita lebih relaks, nyaman, dan juga tidur lebih nyenyak. ketika Anda merasa nyaman, maka bayi Anda akan tumbuh dan berkembang dengan baik. Itulah manfaat secara tidak langsung dari musik.

Sesuaikan volume musik

Banyak sekali para ibu hamil yang meletakkan headphone di atas perut untuk memperdengarkan musik pada bayi mereka. Padahal gelombang suara yang dihasilkan oleh headphone malah bisa jadi berbahaya dan bisa memberikan stimulasi yang berlebihan terhadap bayi. Suara yang terlalu keras justru bisa saja membahayakan keselamatan bayi Anda.

musik untuk ibu hamil

Penelitian yang pernah dilakukan oleh The American Academy of Pediatric menemukan bahwa, janin yang sering terpapar suara dengan volume yang terlalu keras menyebabkan risiko yang besar bagi bayi mengalami lahir prematur, berat badan lahir rendah, dan kehilangan pendengaran ketika lahir. Hal ini harus Anda perhatikan.

Bila ingin mendengarkan musik, ada baiknya mendengarkan musik hanya dengan volume rendah yakni di bawah 50 dB. Namun dengan tidak adanya penelitian yang menunjukkan dengan jelas bahwa musik bisa mencerdaskan otak bayi, maka jangan hanya menjadikan musik sebagai satu-satunya cara untuk membuat bayi menjadi cerdas.

0 comments:

Posting Komentar