Wow Manfaat Buah Sawo Untuk Ibu Hamil Sungguh Besar Sekali

By
Advertisement

manfaat buah sawo untuk ibu hamil

Hamil Care - Bagi kita orang Indonesia tentu saja sudah tidak asing lagi dengan yang namanya buah sawo. Memiliki bentuk yang bulat berwarna coklat, memiliki tekstur yang lembut serta rasanya yang manis bila buah sawo sudah matang.

Kandungan vitamin dan mineral yag terdapat di dalam buah sawo sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh manusia pada umumnya dan ibu hamil pada khususnya. Banyak yang belum mengetahui apa saja kandungan serta manfaat buah sawo untuk ibu hamil muda.

Baca Juga:Makanan Yang Mengandung Asam Folat

Perlu Anda ketahui bahwa sawo mengandung berbagai macam vitamin dan mineral (seperti: tembaga, fosfor, selenium, Kalsium, magnesium, seng), karbohidrat, lemak, protein, asam folat, vitamin A, vitamin B, vitamin E dan zat besi. Berikut akan dibahas secara lengkap apa saja khasiat buah sawo untuk ibu hamil.

Apakah buah sawo baik untuk ibu hamil?


Buah dengan cita rasa yang manis serta menyegarkan ini, adalah buah yang banyak tumbuh subur didaerah iklim tropis. Selain enak untuk dikomsumsi, buah sawo juga baik untuk kesehatan tubuh dan baik juga untuk dikomsumsi oleh ibu hamil.

Namun jika ada beberapa orang menganggap bahwa buah sawo berbahaya bagi ibu hamil, karena bisa menyebabkan adanya kelainan pada janin. Ada baiknya konsultasikan dengan dokter mengenai aman atau tidak nya ibu hamil mengkomsumsi buah sawo.

Khasiat Buah Sawo Untuk Ibu Hamil


1. Mencegah bayi terlahir cacat

Setiap orangtua pasti menginginkan bayinya lahir dengan sehat tanpa kurang satu apapun. Salah satu caranya supaya pertumbuhan dan perkembangan organ tubuh dan sel-sel saraf otak terbentuk sempurna adalah memenuhi kebutuhan asupan asam folat pada masa awal kehamilan.

Asam folat bisa berbentuk tablet asam folat, atau dari berbagai macam makanan sehat, salah satunya buah sawo. Jadi jangan ragu untuk mengkonsumsi buah sawo yang manis dan nikmat ini.

2. Sumber energi

Buah sawo mempunyai banyak karbohidrat yang dapat menghasilkan energi serta rasa kenyang setelah mengkonsumsinya. Buah sawo bisa menjadi pilihan alternatif untuk Anda yang sedang diet. Baik dimakan untuk ibu hamil untuk menambah energi saat hamil.


3. Berfungsi sebagai zat pembentukan sel dan jaringan yang telah mati atau rusak

Si buah sawo yang memiliki rasa manis ini, mempunyai kandungan protein sebanyak 0,5 gram tiap 100 gram buah sawo yang kita makan. Manfaat dari protein untuk ibu hamil adalah berfungsi sebagai zat pembentukan sel, bila ada sel-sel atau jaringan yang rusak ketika ibu hamil.


4. Meningkatkan kesehatan mata

Kandungan Vitamin A pada buah sawo berguna untuk menjaga penglihatan dan kesehatan mata, supaya terhindar dari berbagai macam masalah pada mata diantaranya: rabun, katarak, dan lainnya. Semua Ibu hamil memerlukan asupan vitamin A supaya kesehatan mata Anda tetap terjaga.

5. Memperbanyak sel darah merah dan haemoglobin (mencegah anemia)

Buah Sawo mengandung zat besi yang berfungsi meningkatkan produksi sel darah merah dan hemoglobin dalam darah. Ibu hamil sangat membutuhkan zat besi dalam jumlah yang banyak, untuk itu ibu hamil cenderung mengalami hemodelusi (pengenceran darah) yang menyebabkan kadar sel darah merah dan hemoglobin menurun (anemia).

Bila ibu hamil mengalami anemia, akan sangat berbahaya bagi ibu dan juga janin. Untuk itu makanlah makanan sehat untuk ibu hamil dan kaya akan zat besi. Salah satu diantaranya adalah buah sawo.

6. Memperlancar sistem pencernaan

Kandungan serat di dalam buah sawo berkhasiat untuk melancarkan sistem pencernaan pada ibu hamil. Sebab pada umumnya ibu hamil sering mengalami gangguan sistem pencernaan seperti sembelit. Nah, untuk mengkonsumsi buah sawo ini ternyata bisa mengurangi keluhan pada sistem pencernaan.

7. Menjaga kesehatan kulit saat hamil

Ibu hamil pun harus tetap menjaga kesehatan kulitnya supaya tetap cantik, salah satunya adalah dengan mengkonsumsi buah sawo. Di dalam buah sawo mengandung banyak Vitamin E yang bisa menjaga kulit agar teap sehat dan terhindar dari penuaan dini.

8. Mengurangi mual serta muntah

Tahukah Anda, buah sawo mengandung vitamin B yang di percaya bisa mengatasi rasa mual yang seringkali dialami oleh hampir sebagian besar ibu hamil. Namun tentu saja makan dengan porsi secukupnya, dan tidak berlebihan.

9. Untuk kesehatan tulang serta gigi

Perlu diketahui bahwa kebutuhan kalsium ibu hamil sangat tinggi, ini karena tidak hanya ibu hamil yang membutuhkannya tapi juga janin di dalam perut. Tapi tentu saja ada banyak pilihan untuk memperoleh asupan kalsium, salah satunya yaitu dengan mengkonsumsi buah sawo.

Sebab buah sawo ini mengandung banyak kalsium dan fosfor yang sangat baik untuk tulang serta gigi ibu hamil.

10. Meningkatkan daya tahan tubuh

Buah sawo kaya akan vitamin C, yang bermanfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh supaya tetap terjaga dan tidak mudah sakit dan terjangkit berbagai penyakit. Selain itu kandungan vitamin C juga berguna untuk mempercepat proses penyerapan zat besi dan vitamin di dalam tubuh kita.

Penting: Mengkonsumsi buah sawo secara teratur bisa mengurangi resiko terserang penyakit pada ibu hamil.

Baca Juga: Manfaat Semangka Untuk Ibu Hamil

Demikianlah artikel tentang  10 manfaat buah sawo untuk ibu hamil, semoga bermanfaat, dan jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman-teman Anda ya.


0 comments:

Posting Komentar