3 Jenis Kacang Kacangan Yang Baik Untuk Ibu Hamil

By
Advertisement
jenis kacang kacangan untuk ibu hamil

Hamil Care - Makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil harus lebih dimaksimalkan lagi kandungan nutrisinya, lantaran nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil lebih banyak. Nutrisi tersebut dibutuhkan untuk membantu menjaga kesehatan ibu hamil serta tumbuh kembang janin yang ada dikandungan. Komposisi nutrisi yang sesuai dapat membantu pertumbuhan janin dengan sempurna. Kacang-kacangan adalah salah satu jenis makanan yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Kandungan nutrisi yang dimiliki kacang amat sangat baik untuk membantu perkembangan janin di dalam kandungan.

Jenis kacang kacangan yang baik untuk ibu hamil


3 Jenis kacang-kacangan yang bisa jadi pilihan paling baik bagi ibu hamil diantaranya:

1. Kacang hijau

Kacang hijau mengandung sekian banyak kandungan nutrisi seperti: fosfor, serat, asam folat, kalsium, lemak, vitamin B1 dan B2, protein, dan karbohidrat. Kandungan serat di dalam kacang hijau mampu memperlancar proses pencernaan dan memelihara kesehatan fungsi saluran cerna. Asam folat juga baik untuk membantu perkembangan system saraf pada janin, mencegah kecacatan saat bayi lahir seperti kelainan jantung, bibir sumbing, spina bifida, dan yang lainnya.

Baca Juga: Tahap Perkembangan Janin Dari minggu Ke Minggu

Kalsium dan fosfor dapat bermanfaat untuk pertumbuhan tulang bagi ibu hamil dan janin. Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil salah satunya merupakan penunjang kesehatan gigi dan gusi. Bila kalsium dan fosfor tak terpenuhi, sehingga mengakibatkan sang janin akan menggunakan cadangan kalsium dari badan ibu hamil. Protein juga dibutuhkan oleh ibu hamil pada masa pertumbuhan dan perkembangan organ janin. Karbohidrat kompleks akan memberikan suplai energi, dan menjaga stamina.

Vitamin B1 dan B2 yang terdapat kacang hijau berguna untuk menunjang penyerapan protein, pertumbuhan janin, sebagai katalis dalam perubahan karbohidrat jadi energi, dan juga menunjang fungsi saraf. Kekurangan vitamin B1 dan B2 dapat menyebabkan beri-beri, enteng lelah, dan konstipasi (sembelit).

2. Kacang merah

Kacang merah merupakan salah jenis kacang kacangan yang mengandung gizi tinggi yang dibutuhkan oleh ibu hamil seperti: Kalsium, serat, asam folat asam folat, karbohidrat kompleks, dan kandunga protein yang tergolong tinggi. Manfaat yang dapat didapat adalah dengan mengonsumsi kacang merah diantaranya :

  • Memperlancar sistem pencernaan dan mencegah kolesterol
  • Kandungan karbohidrat kompleksnya mampu mencegah efek diabetes 
  • Mempermudah pematangan sel darah merah yang tidak sedikit diproduksi ketika waktu hamil Kandungan Omega-3 dan Omega-6 mampu menopang perkembangan otak bayi

3. Kacang kedelai

kacang-kacangan untuk ibu hamil selanjutnya adalah Kacang kedelai, Salah satu jenis kacang-kacangan yang paling sediki dikonsumsi oleh ibu hamil. Kacang kedelai biasanya dikonsumsi dalam wujud tempe, tahu atau susu kedelai. Baca Juga: Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil. Kandungan nutrisi yang dimiliki oleh kacang kedelai seperti:

  • Hidrat arang kompleks yang merupakan sumber energi
  • Protein yang memiliki asam amino esensial
  • Kandungan kalsium untuk pertumbuhan tulang Isoflavon yang memiliki resiko estrogen untuk memperoleh tulang yang padat dan mencegah menopause

3 Jenis kacang-kacangan yang baik untuk ibu hamil seperti diatas merupakan jenis makanan yang harus dimakan oleh ibu hamil secara teratur setiap harinya. Sumber makanan jenis kacang-kacangan menjadi salah satu sumber makanan yang mampu untuk meningkatkan nilai gizi.

Asupan nutrisi yang tercukupi oleh ibu hamil akan mempengaruhi janin dalam kandungan. Selamat menikmati manfaat kacang-kacangan ketika hamil! dan semoga bermanfaat

Artikel Menarik Lainnya:
  1. Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil
  2. Cara Mengatasi Sakit Kepala Saat Hamil
  3. Apa Yang Dimaksud Bedrest?

0 comments:

Posting Komentar