MANFAAT Sari Kacang Hijau Untuk Ibu Hamil Dan Janin

By
Advertisement
manfaat kacang hijau untuk ibu hamil

Hamil Care - Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil sudah tidak perlu untuk diragukan lagi karena kacang hijau mengandung folat, thiamin, dan zat besi. Ketiga zat tersebut sangat dibutuhkan wanita selama masa kehamilan. Mengonsumsi makanan sehat tiap hari memang telah menjadi keharusan. Saat hamil, kebiasaan mengonsumsi makanan sehat pun harus lebih ditingkatkan.

Usahakan sebisa mungkin makanan yang dikonsumsi lebih beragam. Karena saat masa kehamilan, nutrisi-nutrisi yang berasal dari makanan inilah yang berperan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan janin.

Baca Juga: Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil

Kacang hijau yang telah direbus bisa dijadikan variasi makanan bagi ibu hamil. Konsumsilah sebagai makanan selingan menjelang siang hari atau sebagai camilan di sore hari. Semua khasiat kacang hijau ini tidak lepas karena kandungan nutrisi pada kacang hijau tersebut.

Manfaat air rebusan kacang hijau untuk ibu hamil dan janin


Supaya lebih mudah untuk memahaminya, inilah beberapa zat yang terdapat di dalam kacang hijau sebagai penambah nutrisi bagi ibu hamil dan janin.

1. Folat

Setiap 100 gram kacang hijau yang telah direbus mengandung 40 persen folat. Folat termasuk ke dalam kelompok vitamin B. Adapun bentuk sintetis dari folat sebagai hasil penelitian dan rekayasa manusia yang dinamakan dengan asam folat.


Begitu pentingnya folat dan asam folat dimasa kehamilan sehingga seringkali dianggap sebagai zat pahlawan untuk ibu hamil. Kedua zat ini berperan penting dalam memproduksi sel darah merah serta membantu tabung saraf janin berkembang menjadi otak dan juga sumsum tulang belakang.

Penting: Mengonsumsi asam folat sebanyak 400 mcg per hari sebelum dan selama masa kehamilan dapat membantu mencegah bayi terlahir cacat dengan kelainan pada otak dan sumsum tulang belakang.

2. Thiamin

Zat ini juga biasa disebut dengan nama thiamine atau vitamin B1. Ada sebanyak 14 persen komposisi thiamin di dalam tipa 100 gram kacang hijau yang telah direbus, yakni setara dengan 0,164 mg. Manfaat thiamin adalah mengubah karbohidrat menjadi energi, sehingga janin mendapatkan asupan energi.

Baca Juga:Makanan Yang Mengandung Asam Folat

Thiamin juga berperan memperlancar fungsi otot, sistem saraf, dan jantung agar dapat bekerja secara normal. Ketika Anda hamil, manfaat itu akan ditambah lagi, yaitu sebagai nutrisi penting untuk perkembangan otak janin. Oleh karena itu, saat sedang hamil dan menyusui, penuhi kebutuhan Anda akan thiamin, setidaknya minimal 1,4 mg per hari.

3. Zat besi

Manfaat sari kacang hijau untuk ibu hamil selanjutnya yaitu terdapat kandungan zat besi. Setiap 100 gram kacang hijau rebus mengandung 1,4 mg atau 11 persen zat besi. Selama masa hamil, Anda membutuhkan zat besi sebanyak 27 mg per hari.

Zat besi ini berguna dalam membuat hemoglobin pada proses pembentukan sel darah merah. Penting selama kehamilan bahwa Anda memerlukaan darah 50 persen lebih banyak dibandingkan saat sedang tidak hamil. Kondisi ini bisa dipenuhi dengan asupan zat besi yang mencukupi.

Penting: Anda juga memerlukan zat besi tambahan untuk pertumbuhan plasenta dan perkembangan janin, terutama pada kehamilan usia trimester kedua dan ketiga.

Jangan sampai Anda kekurangan zat besi ketika masa kehamilan karena dapat meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah, bayi lahir prematur, atau bahkan menyebabkan kematian bayi.

Itulah tiga zat penting yang dapat diambil sebagai manfaat kacang hijau untuk ibu hamil. Setelah mengetahui kandungan nutrisinya, Anda tentu tidak perlu ragu untuk mengonsumsi kacang hijau di masa kehamilan. Setidaknya, Anda bisa menjadikannya bubur kacang hijau sebagai asupan tambahan selain buah-buahan, sayur-sayuran pada menu sehari-hari.

Artikel Terkait:
  1. Manfaat Kunyit Asam Untuk Ibu Hamil
  2. Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil





Tags: manfaat kacang hijau untuk ibu hamil 8 bulan, kacang hijau untuk ibu hamil trimester pertama, manfaat kacang kedelai untuk ibu hamil, bubur kacang ijo tanpa santan, sari kacang hijau kemasan untuk ibu hamil, manfaat bubur kacang hijau dan ketan hitam, manfaat air kelapa untuk ibu hamil, manfaat kacang hijau untuk ibu menyusui

0 comments:

Posting Komentar