Manfaat Jamu Kunyit Asam Untuk Ibu Hamil Dan Bahayanya

By
Advertisement
manfaat kunyit untuk ibu hamil

Manfaat kunyit asam untuk ibu hamil - Sekilas tentang salah satu tanaman yang biasa tumbuh di pekarangan rumah, kunyit biasa dikenal sebagai penyedap masakan. Manfaat kunyit juga biasa dimanfaatkan sebagai jamu tradisional untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Salah satu jamu yang biasa kita kenal yakni jamu kunyit asam atau kunyit asem.

Baca: Virus Rubella Pada Ibu Hamil

Untuk mengatasi kaki bengkak untuk ibu hamil terutama pada bagian kaki bisa dengan menggunakan rimpang kunyit yang telah diparut kemudian ditambah dengan kapur sirih dan air hangat, baru setelah dingin bisa dioleskan pada bagian kaki yang bengkak.

Manfaat kunyit untuk ibu hamil dan menyusui?


Kandungan minyak asiri berfungsi sebagai pengobatan herbal atau tradisional, Berikut manfaat kunyit untuk ibu hamil yaitu :
  1. Menurunkan asam lambung
  2. Menyembuhkan penyakit hati dan saluran empedu
  3. Menurunkan kadar lemak yang tinggi (hyper-lipidema)
  4. Terlambat haid
  5. Demam
  6. Pilek dan hidung tersumbat
  7. Rematik
  8. Malaria
  9. Sariawan
  10. Bengkak
  11. Hepatitis
  12. Penyakit kuning

Khasiat kunyit dan madu dalam hal penyembuhan dan menjaga kesehatan sudah dilakukan sejak dulu, karena rimpang kunyit adalah merupakan obat.

Bahaya dan efek samping minum jamu kunyit asam bagi wanita hamil


Banyak ibu hamil juga percaya bahwa kunyit bisa membersihkan bayi lahir bersih dan wangi. Tetapi yang harus diperhatikan oleh ibu hamil yakni jangan terlalu banyak mengkonsumsi jamu kunyit asem instan. Dikhawatirkan apakah kunyit aman bagi ibu hamil dan janin.

Sebaiknya jika ingin mendapatkan manfaat kunyit untuk kesehatan rahim, lebih baik membuatnya sendiri. Disamping alami, air perasan kunyit terbukti aman bagi ibu hamil dan tanpa menimbulkan efek samping. Namun sekali lagi jangan berlebihan ya.

Gambar Kunyit putih


Mengkonsumsi kunyit dapat menimbulkan efek samping bagi ibu hamil muda maupun tua. Nah berikut ini akibat terlalu banyak minum jamu kunyit asam, diantaranya:

1. Pencernaan terganggu

Terganggunya sistem pencernaan akibat kebanyakan minum kunyit asam bisa berpengaruh terhadap janin, sehingga membuat janin bereaksi dan mengakibatkan terjadinya kontraksi yang berdampak pada nyeri dan sakit pada perut ibu hamil.

2. Menimbulkan Alergi

Alergi bisa muncul kapan saja apabila saat hamil mengkonsumsi makanan yang dapat memicu alergi. Meski setiap orang mempunyai alergi yang berbeda-beda, kunyit-pun dapat menyebabkan munculnya alergi. Alergi selain dapat berpengaruh bagi ibu hamil juga dapat mempengaruhi janin atau justru membuat bayi yang akan lahir nantinya akan mengalami alergi.

3. Nyeri pada lambung

Telah kita ketahui bersama bahwa ibu hamil rawan terkena masalah pencernaan, contohnya sembelit. Untuk itu mengapa ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi makanan yang pedas. Kenapa kunyit? karena kunyit juga memiliki rasa pedas, meski tak sepedas cabai. Sehingga minum kunyit terlalu bayak dapat menyebabkan gangguan pada lambung.

4. Menghilangkan efek kemoterapi

Kemoterapi pada ibu hamil biasa dilakukan pada mereka yang biasanya mengalamai masalah pada kandungannya. Manfaat dari kemoterapi tidak akan memberikan efek bila masih mengkonsumsi kunyit ketika masih dalam tahap kemoterapi.

5. Menimbulkan pedarahan

Kunyit dinilai mencegah terjadinya penggumpalan darah, jadi untuk yang sedang haid sangat membantu memperlancar. Namun bagi wanita hamil minum jamu kunyit secara sembarangan bisa menjadi penyebab pendarahan.

6. Merangsang rahim

Seperti dijelaskan di atas bahwa kunyit mempu memperlancar haid sehigga membantu bagi wanita yang sedang mentruasi. Namun bagi wanita hamil bisa memicu rahim dan menyebabkan pendarahan.

7. Sulit dicerna oleh tubuh

Perlu diketahui bahwa kunyit merupakan salah satu jenis makanan yang sulit dicerna oleh tubuh. Jadi sebaiknya batasi konsumsi kunyit dan jangan berlebihan.

8. Mengatasi keputihan

keputihan adalah keluarnya cairan pada Miss V dan mengeluarkan bau yang tidak sedap. Hampir sebagian besar wanita mengalami keputihan. Manfaat dari kunyit putih untuk mengatasi masalah keputihan, ini karena kunyit putih memiliki kandungan flavanoid saponin, antioksidan dan zat anti lipid peroksida

Demikian artikel tentang manfaat kunyit asam bagi ibu hamil dan menyusui semoga bermanfaat dan menambah wawasan tentang kehamilan.

Hamilcare.net





Tags: manfaat minum kunyit saat hamil, khasiat kunyit asam bagi ibu hamil, bolehkah ibu hamil, minum jamu kunyit dan sirih, efek minum jamu kunyit asem saat hamil, bolehkah ibu hamil minum, jamu beras kencur, efek samping kunyit bagi rahim, bolehkah ibu hamil minum jamu sirih?, manfaat kunyit asam untuk ibu menyusui

0 comments:

Posting Komentar