13 Manfaat Air Kelapa Untuk Ibu Hamil Muda

By
Advertisement
manfaat air kelapa untuk ibu hamil

Hamil Care - Inilah manfaat air kelapa untuk ibu hamil muda, selain menyegarkan juga berkhasiat untuk kesehatan dan perkembangan janin. Janis kelapa yang di gunakan biasanya kelapa muda yang berwarna ijo (hijau) dan banyak dengan mudah ditemukan. Apa saja khasiatnya?

Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil muda


1. Sumber elektrolit alami dan mencegah dehidrasi

Elektrolit adalah salah satu jenis mineral yang dapat berfungsi untuk mengembalikan hilangnya cairan tubuh selama melakukan kegiatan sehari-hari. Biasanya kekurangan cairan atau dehidrasi yang dialami tubuh akan terjadi seiring kegiatan yang dilakukan. Hal ini sangat penting bagi ibu hamil, karena dehidrasi pada ibu hamil dapat menyebabkan :

  • Demam
  • Sakit kepala dan pusing
  • Kejang otot dan
  • Kram

Disamping itu, manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil juga dapat berguna untuk mengurangi kontraksi otot yang terjadi pada saat proses kehamilan berlangsung.

2. Diuretik alami

Air kelapa muda memiliki sifat diuretik alami, yang steril dan aman dikonsumsi terutama bagi ibu hamil muda. Makanan yang memiliki sifat diuretik alami dapat bermanfaat untuk:

  • Memperlancar proses pembuangan urine
  • Membersihkan salurang kemih
  • Mengeluarkan zat-zat beracun yang masuk ke dalam tubuh
  • Dapat mencegah infeksi pada saluran kemih.


3. Mengandung Asam laurat untuk mencegah macam-macam penyakit

Air kelapa muda memiliki kandungan yang bernama asam laurat. Asam laurat ini adalah jenis asam yang fungsinya dapat membantu melawan dan mencegah terjadinya berbagai penyakit. Berikut ini adalah beberapa khasiat air kelapa untuk ibu hamil karena kandungan asam lauratnya :

  • Sebagai Anti bakteri
  • Sebagai Anti virus
  • Menjaga kesehatan bayi dari virus berbahaya, seperti HIV dan herpes.
Baca Juga: 45 Makanan Penyubur Kandungan

4. Meningkatkan fungsi pencernaan

Salah satu kegunaan air kelapa adalah membantu meningkatkan fungsi pencernaan pada ibu hamil. Biasanya saat hamil fungsi pencernaan pada ibu hamil sering mengalami gangguan seperti pelambatan mencerna makanan. Sehingga air kelapa ini dapat membantu meningkatkan fungsi pencernaan di dalam tubuh.

Apabila fungsi pencernaan terjaga dan tetap fit, maka beberapa gangguan pencernaan dapat dicegah. Gangguan-gangguan pencernaan tersebut diantaranya :
  • Susah buang air besar
  • Diare
  • Sembelit
5. Meningkatkan HDL (kolesterol baik)

Air kelapa muda terbukti mempunyai khasiat yang baik untuk meningkatkan HDL atau kolesterol baik di dalam tubuh. Hal ini dapat menekan tingginya kolesterol jahat di dalam tubuh, dan dapat membantu mencegah terjadinya berbagai penyakit kronis lain. Gangguan kehamilan sering muncul pada ibu hamil yang memiliki kadar LDL yang tinggi.

6. Menurunkan tekanan darah tinggi

Untuk mencegah dan mengurangi tekanan darah tinggi yang biasanya terjadi pada ibu hamil, maka air kelapa muda bisa dimanfaatkan sebagai penurun tekanan darah tinggi. Ini disebabkan adanya kandungan potassium yang terdapat di dalam air kelapa.

7. Sebagai sumber energi

Perlu diperhatikan bahwa air kelapa memiliki kandungan glukosa yang cukup tinggi, sehingga dapat membantu ibu hamil memperoleh energi dalam melakukan aktivitasnya sehari-hari. Cara menjaga kehamilan agar tetap sehat paling utama adalah dengan tetap menjaga asupan energi setiap hari, selain konsumsi makanan sehat dan bergizi lainnya.

8. Kaya vitamin C

Salah satu kandungan terpenting dari air kelapa adalah kadar vitamin C yang tinggi. Kandungan vitamin C pada air kelapa muda ini dapat mencukupi kebutuhan vitamin C tiap harinya, terutama bagi ibu hamil. Vitamin C berguna bagi tubuh untuk :

  • Zat antioksidan
  • Menambah imunitas dan daya tahan tubuh
  • Mencegah dan menangkal berbagai macam penyakit


9. Mengandung vitamin B

Vitamin B merupakan salah satu jenis vitamin yang terdapat di dalam air kelapa muda. Dengan adanya vitamin B, dapat membantu penggantian jaringan tubuh yang rusak, terutama pada ibu hamil.

10. Anti aging

Air kelapa muda juga berfungsi sebagai anti aging atau anti penuaan dini. Hal ini dikarenakan sifat dari air kelapa muda yang dapat membantu memperbaharui sel-sel tubuh. Setelah kehamilan air kelapa juga baik untuk mengatasi masalah stretch mark di perut.

11. Menjaga kesehatan jantung

Tingginya kandungan kalium dan magnesium pada air kelapa muda dapat membantu ibu hamil menjaga kesehatan jantung, seperti serangan jantung dan detak jantung yang tidak stabil.

12. Mencegah penyumbatan pembuluh darah

Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil juga sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya penyumbatan pada pembuluh darah, karena mengandung kolesterol baik yang cukup tinggi. Manfaat air kelapa ini juga bisa dirasakan oleh siapa saja, tidak hanya pada ibu hamil.

13. Meningkatkan metabolisme tubuh

Ibu hamil sangat membutuhkan metabolisme tubuh yang tinggi. Disinilah peran air kelapa muda akan terasa. Air kelapa muda dapat membantu untuk meningkatkan metabolisme tubuh, terutama untuk ibu hamil.

Demikian 13 manfaat air kelapa untuk ibu hamil, semoga bermanfaat, dan menambah pengetahuan kita tentang kehamilan.





Tags: manfaat air kelapa muda bagi ibu hamil 9 bulan, bahaya air kelapa untuk ibu hamil, air kelapa muda untuk ibu hamil trimester pertama, bolehkah ibu hamil minum air kelapa muda setiap hari, manfaat air kelapa untuk ibu hamil 4 bulan, hamil berapa bulan boleh minum air kelapa muda, minum air kelapa saat hamil 6 bulan, air kelapa untuk ibu hamil 7 bulan

0 comments:

Posting Komentar