Tips Terhindar dari Anemia Bagi Ibu Hamil Muda

By
Advertisement
cara mengatasi anemia pada ibu hamil

Hamil Care- Ibu hamil rentan beresiko terhadap penyakit anemia, bahkan yang tidak pernah memiliki riwayat anemia sekalipun juga beresiko terkena anemia. Ada beberapa tips terhindar dari anemia bagi ibu hamil yang bisa anda lakukan dengan mudah. Saat awal kehamilan, jumlah sel darah merah pada ibu hamil akan semakin menurun.

Hal ini disebabkan karena pada masa awal kehamilan pembentukan janin ini membutuhkan banyak sel darah merah. Oleh karena itu pada trimester pertama, kondisi ibu hamil muda lebih mudah lelah dan beresiko mengalami anemia. Terlebih lagi bagi ibu hamil yang sudah memiliki riwayat anemia sebelumnya, maka resiko anemia ini tentu akan semakin meningkat.

Gejala anemia pada ibu hamil


Pada umumnya gejala anemia dianggap normal jika anda cuma mengalami gejala anemia yang ringan saja. Beberapa wanita dikhawatirkan akan mengalami gangguan anemia yang berat karena kurangnya asupan zat besi atau beberapa jenis vitamin.

Gejala anemia yang mungkin dialami ibu hamil ditandai dengan adanya ciri ciri yakni:

1. Kurangnya nafsu makan sehingga mempengaruhi stamina untuk beraktifitas
2. Anda lebih mudah terkena beberapa infeksi
3. Secara tiba-tiba penglihatan jadi berkunang-kunang
4. Beberapa bagian tubuh seperti bibir, wajah, kuku, dan kelopak mata tampak pucat
5. Pada kondisi anemia yang cukup berat dapat menyebabkan sesak napas dan lemah jantung

Anemia juga mengakibatkan daya tubuh (imunitas) berkurang karena jumlah zat besi yang terus berkurang dan berpengaruh pada sel darah putih sehingga kekuatan melawan mikroorganisme jadi berkurang. Bagi anda seorang pekerja kantoran kemungkinan akibat yang muncul adalah sulit untuk fokus.

tips terhindar dari anemia pada ibu hamil

Anemia memang sangat berbahaya bila dibiarkan terutama pada ibu hamil, karena dapat menyebabkan resiko bayi lahir prematur, keguguran, bayi lahir cacat dan sebagainya. Sehingga tidak hanya kesehatan janin yang terancam tetapi juga kesehatan anda pun menjadi taruhannya. Bagi anda yang aktif bekerja setiap hari sangat disarankan untuk selalu memperhatikan asupan nutrisi selama masa kehamilan.

Berikut ini adalah cara yang bisa anda lakukan saat hamil agar terhindar dari anemia:


1. Tingkatkan konsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti yang berasal dari ikan, unggas, daging merah. Bisa juga dengan sayuran yang berdaun hijau gelap, kacang-kacangan dan telur.

2. Konsumsi vitamin c yang berfungsi untuk membantu penyerapan zat besi seperti buah buahan, kiwi, stroberi, jeruk dan tomat.

3. Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan asam folat tinggi seperti sayuran berdaun hijau, roti, sereal, kacang kering, salmon.

4. Minum susu secara teratur pada siang dan malam hari karena Susu akan membantu meringankan gejala anemia.

5. Berkonsultasilah dengan dokter bila anda mengalami anemia yang cukup berat, sehingga anda akan disarankan untuk selalu mengonsumsi vitamin, supleman zat besi dan asam folat.

Pemeriksaan darah adalah salah satu cara bagi anda untuk mengetahui sejauh mana kandungan hemoglobin berkurang di dalam tubuh, adapula dengan pemeriksan hematokrit untuk mengetahui presentase sel darah merah dari sampel darah yang diambil. Sehingga dokter akan mengetahui penyebab dari anemia yang anda alami.

Demikian tips agar terhindar dari anemia bagi ibu hamil, semoga bermanfaat dan tetap sehat.

0 comments:

Posting Komentar