Sarapan Sehat Untuk Ibu Hamil, Pentingkah Bagi Ibu Hamil?

By
Advertisement
sarapan sehat untuk ibu hamil

Hamil Care - Sebelum mengetahui menu yang sehat untuk ibu hamil akan ada baiknya bila Anda sudah benar-benar paham akan peran penting sarapan pagi untuk ibu hamil dan janin. Selain itu pemahaman mengenai pentingnya sarapan juga diharapkan dapat meningkatkan semangat ibu hamil agar tidak malas sarapan pagi.

Manfaat sarapan sehat untuk ibu hamil muda


Berikut ini adalah manfaat sarapan sehat yang dimaksud:

1. Menyeimbangkan Kadar Gula Darah

Sarapan pagi dengan menu yang tepat ternyata memiliki fungsi untuk menyeimbangkan jumlah kadar gula darah pada ibu dan janin. Jumlah kadar gula yang seimbang juga berdampak baik terhadap mood ibu hamil yang seringkali tak menentu. Sifat mudah marah, sedih, atau malas, bisa jadi lebih baik dengan sarapan setiap pagi.

Bagi janin, kadar gula darah yang seimbang mampu mencegah penyakit kadar gula rendah yang berdampak pada daya tubuh(imunitas) dan daya konsentrasi.

2. Mengurangi Resiko Gemuk

Banyak yang bilang bila wanita yang kurus atau langsing akan berubah jadi gemuk setelah melahirkan anak pertama. Nah, untuk mengurangi resiko terjadinya hal serupa pada Anda, biasakanlah untuk sarapan pagi selama hamil. Berdasarkan penelitian kebiasaan ini mampu untuk mengurangi 30% resiko kegemukan (obesitas) setelah melahirkan nanti.

3. Mencegah Stunting

Stunting merupakan kondisi dimana janin tidak dapat tumbuh secara normal (tinggi dan berat badan). Bila ibu hamil rajin sarapan setiap hari selama hamil tentu hal buruk seperti stunting tidak akan terjadi. Asupan gizi yang baik juga akan memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh janin untuk tumbuh dan berkembang dengan baik.

Apa saja makanan yang wajib ada saat sarapan pagi?


Manfaat yang optimal tentu hanya bisa diperoleh dari makanan yang tepat dengan gizi dan zat yang terkadung di dalamnya. Makanan berikut ini adalah yang paling direkomendasikan untuk sarapan ibu hamil, antara lain:

1. Roti Gandum

Meskipun sedang hamil, tidak berarti kita harus sarapan dengan menu yang terlalu berat. Roti gandum yang terbuat dari biji gandum utuh adalah makanan yang paling baik untuk sarapan ala ibu hamil. Karbohidrat pada roti gandum dapat memberikan energi yang lebih pada ibu hamil yang memang dibutuhkan.

Selain itu roti gandum juga kaya akan serat yang mencegah sembelit. Sedangkan Asam Folat yang juga bisa ditemukan pada roti gandum dapat mencegah bayi lahir cacat.

2. Sereal

Bila bosan atau tidak suka dengan roti gandum bisa kog diganti dengan sereal yang rasanya lebih enak. Kandungan yang ada pada sereal kurang lebih hampir sama seperti roti gandum. Jadi keduanya bisa saling menggantikan. Terlebih lagi, sereal yang juga berbahan dasar gandum yang kaya akan zat besi yang dibutuhkan oleh janin dalam kandungan.

3. Beras Merah

Bagi yang kurang cocok dengan roti ataupun sereal karena dianggap kebaratan, beras merah adalah menu utama sarapan yang pasti cocok bagi ibu hamil. Beras merah juga kaya akan karbohidrat yang menghasilkan kalori dalam jumlah besar. Anda akan bisa kenyang lebih lama hanya dengan mengonsumsi beras merah.

4. Telur

Telur juga masuk dalam daftar makanan yang paling direkomendasikan untuk sarapan ibu hamil. Kandungan protein yag tinggi pada telur baik untuk janin dalam pembentukan jaringan. Asupan tinggi protein paling banyak dibutuhkan saat usia kandungan memasuki bulan ke 3.

5. Buah-buahan

Kebutuhan akan energi yang lebih dapat dipenuhi dengan mengonsumsi buah yang banyak serat. Berbagai Vitamin seperti A, B, C, D, hingga E bisa didapatkan dari buah-buahan segar. Bukan hanya itu saja, mengonsumsi buah di pagi hari juga mampu mengurangi mual pada wanita hamil muda.

Tips: Bila kurang suka mengonsumsi buah saat sarapan, cobalah untuk membuatnya jadi jus segar. Rasanya tentu saja akan berbeda.

6. Produk Olahan Susu

Bagian penting dari menu setiap kali kita makan adalah susu atau produk olahan susu. Di pagi hari sebagian ibu merasa mual bila harus mengonsumsi susu secara langsung. Untuk mengatasinya cobalah untuk membuat berbagai macam olahan dengan susu misalnya jus atau smoothies.

Bila tidak sempat berkreasi, kita bisa membeli berbagi produk siap makan yang terbuat dari susu seperti yogurt dan keju. Kalsium yang dibutuhkan oleh janin untuk gigi, gusi, dan tulangya banyak ditemukan pada susu atau produk yang terbuat dari susu.

menu sarapan sehat untuk ibu hamil muda

Menu sarapan sehat untuk ibu hamil muda


Bila masih bingung dalam menentukan menu apa sih yang baik bagi Anda dan calon bayi, akan dijelaskan dengan beberapa contoh menu yang mungkin bisa Anda terapkan. Inilah beberapa menu yang bisa dicoba:

Menu 1:
Untuk contoh menu yang pertama ini adalah yang simple dan tidak terlalu merepotkan.

  • Roti gandum dengan selai atau mentega
  • Jeruk
  • Susu

Menu 2:
Anda bisa menggunakan menu sarapan 1 dan 2 secara bergantian untuk menghindari rasa bosan. Menu 2 juga masih sangat simple. Semua masih menggunakan bahan siap saji yang tidak perlu dimasak terlebih dahulu.

  • Semangkuk sereal gandum dan susu putih
  • Anggur

Menu 3:
Pada Menu 3 akan sedikit repot karena harus terlebih dulu memasak daging atau ikan dengan cara menggoreng atau dipanggang. Disamping itu pastikan juga bahwa sayur yang digunakan tidak mengandung pestisida dan telah dicuci bersih sebelumnya.

  • Daging atau ikan
  • Keju
  • Sayuran, tomat
  • Roti Tawar
  • Jus Jeruk

Menu 4:
Untuk menu yang terakhir ini akan sangat cocok untuk mereka yang tidak bisa jauh dari makanan asli Indonesia. Berbeda dengan contoh menu yang sebelumnya, menu 4 mungkin membuat Anda lebih repot. Semua harus dimasak sendiri karena belum ada yang siap saji.

  • Nasi Merah
  • Orak Arik (sayuran dan telur)
  • Ikan Asin
  • Smoothies strawberry

Itulah ulasan tentang menu sarapan pagi yang menyehatkan untuk ibu hamil. Penjelasan tentang apa manfaat dari sarapan bagi ibu dan janin, daftar makanan yang harus ada sebagai menu sarapan, dan juga contoh menu sarapan sehat untuk ibu hamil.

Mengingat peran penting sarapan, jadi perhatikan betul menu yang dikonsumsi setiap harinya. Pastikan kandungan nutrisinya tepat dan tidak membuat Anda bosan dan selalu sarapan tiap hari.

0 comments:

Posting Komentar