Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil Dan Janin

By
Advertisement
manfaat susu kedelai untuk ibu hamil

Hamil Care - Setiap ibu yang hamil tentu saja ingin memberikan nutrisi terbaik bagi janin dan dirinya sendiri. Untuk memperoleh kesehatan yang optimal, seorang ibu hamil diharuskan untuk mengkonsumsi berbagai jenis makanan sehat agar ibu hamil dan janin memperoleh semua nutrisi penting dalam meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan fungsi tubuh. Nah, Berikut ini adalah berbagai manfaat susu kedelai untuk ibu hamil dan janin:

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil muda


1. Sebagai Sumber Asam Folat

Sudah jadi rahasia umum bila asam folat merupakan salah satu nutrisi yang penting bagi ibu hamil. Susu kedelai memiliki banyak sekali kandungan asam folat sehingga dapat membantu ibu hamil agar tidak mengalami anemia atau kurang darah. Asam folat juga mempunyai peranan yang sangat penting untuk perkembangan otak dan saraf si bayi, selain itu juga membantu pembentukan organ tulang belakang.


Pada saat hamil Trimester I adalah saat yang paling tepat untuk kita mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung asam folat, termasuk diantaranya adalah susu kedelai karena perkembangan otak dan saraf janin terjadi dengan sangat pesat pada 3 bulan awal masa kehamilan.

2. Sumber Vitamin

Seperti halnya juga orang sehat, ibu hamil pun butuh asupan vitamin yang cukup guna menjaga kesehatan dan daya tahan (imunitas) tubuhnya. Vitamin juga sangat penting bagi tubuh dan perkembangan janin dari minggu ke minggu di dalam kandungan. Susu kedelai untuk ibu hamil lainnya adalah bahwa susu kedelai memimiliki banyak kandungan Vitamin A, B1 dan Vitamin E. Vitamin A baik untuk perkembangan kulit dan organ mata supaya optimal. Kombinasi dari ketiga macam vitamin ini juga dibutuhkan untuk menjaga kondisi kesehatan dan daya tahan (imunitas) tubuh ibu.

3. Sumber Protein

Sejak masih SD, pelajaran ilmu pengetahuan alam sering menyebutkan bahwa protein merupakan salah satu jenis nutrisi yang berfungsi dalam membangun jaringan tubuh. Protein juga berguna untuk memperbaiki sel – sel yang rusak, regenerasi sel yang sudah lama serta membantu metabolisme tubuh secara keseluruhan.

Protein nabati banyak kita temukan pada susu kedelai, dan salah satu khasiat susu kedelai untuk ibu hamil tidak bisa untuk diabaikan.

Khasiat Susu kedelai terutama untuk para ibu hamil yang alergi terhadap susu sapi atau ibu hamil yang vegetarian. Beberapa protein esensial yang terdapat pada susu kedelai yakni lysine, glycine, isoleucine, arginine dan threonine.

manfaat susu kedelai untuk ibu hamil dan janin

4. Sumber Serat

Pada masa kehamilan banyak ibu hamil rentan terkena kondisi konstipasi atau sembelit. Kondisi konstipasi yang berlangsung lama atau sudah kronis bisa membuat ibu hamil mengalami penyakit hemorrhoid atau ambeien. Susu kedelai banyak mengandung serat larut dan tidak larut yang bisa membantu ibu hamil melancarkan proses pencernaannya sehingga mencegah ibu hamil dari konstipasi. Serat larut yang ada pada susu kedelai juga baik untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah.


Baca Juga:Akibat Kekurangan Asam Folat

Manfaat susu kedelai untuk ibu hamil yang satu ini juga dapat mencegah ibu hamil dari berbagai komplikasi kehamilan terutama yang behubungan dengan penyempitan pembuluh darah.

5. Sumber Karbohidrat

Banyak ibu hamil yang mudah sekali lelah, letih, dan juga lesu seperti tidak bertenaga. Untuk mengatasinya, banyak ibu hamil yang ngemil atau makan makanan ringan di antara jam makan beratnya. Namun ternyata makanan selingan yang dipilih merupakan sumber makanan yang kurang sehat seperti fastfood atau junkfood.

Untuk itu Susu kedelai bisa dijadikan sebagai pengganti cemilan yang kurang sehat, karena mengandung karbohidrat yang dapat membantu ibu hamil memperoleh kembali energinya. Susu kedelai mempunyai karbohidrat kompleks yang memberikan ibu hamil energi tambahan untuk semua ativitas sehari-hari.

Semoga bermanfaat...

Tags: bolehkah ibu hamil minum susu kedelai setiap hari, susu kedelai untuk ibu hamil anak laki-laki, manfaat susu kedelai untuk ibu hamil 8 bulan, manfaat susu kacang hijau untuk ibu hamil, merk susu kedelai untuk ibu hamil, manfaat susu kedelai bagi ibu hamil 9 bulan, minum susu kedelai saat hamil 4 bulan, manfaat kacang kedelai rebus untuk ibu hamil

0 comments:

Posting Komentar