13 Manfaat Semangka Untuk Ibu Hamil Muda Dan Janin

By
Advertisement
manfaat semangka untuk ibu hamil



Hamil Care - Kita pasti sudah tau dengan yang namanya buah semangka yang memiliki nama latin (Citrullus lanatus) merupakan tanaman yang asalnya dulu dari afrika selatan. Buah ini berasa manis dan biasa dijadikan hidangan pencuci mulut. Selain rasanya yang lezat manfaat buah semangka untuk ibu hamil muda dan janin juga sangat banyak. Sehingga dianjurkan buah semangka mesti dikonsumsi saat sedang hamil.

Baca Juga: Makanan Yang Mengandung Asam Folat

Khasiat buah semangka untuk ibu hamil muda

Berikut ini 13 khasiat dari buah semangka untuk ibu hamil, diantaranya:

1. Meredakan risiko kram otot

Wanita hamil kerap mengalami kram otot, tapi jangan khawatir karena kita bisa meredakan kram otot dengan cara makan semangka. Disinyalir karena kandungan magnesium dan kalium mampu membuat ibu hamil terhindar dari kram otot, yang biasa terjadi pada usia kehamilan trimester ketiga.

2. Mengatasi mual dan mulas

Buah semangka dapat meredakan mual dan mulas saat hamil. Kita bisa memakannya secara rutin tiap harinya.

3. Membersihkan tubuh dari racun (Detoksifikasi)

Semangka memiliki kadar air yang tinggi yang berguna untuk menghilangkan racun-racun yang ada di dalam tubuh. Racun yang dimaksud adalah zat-zat yang tidak digunakan oleh tubuh sehingga harus dikeluarkan. Makan semangka dapat juga mencegah kelelahan pada ibu hamil.

4. Sumber mangnesium dan vitamin

Supaya tubuh tetap sehat terutama untuk perkembangan janin dari minggu ke minggu, maka ibu hamil mesti banyak membutuhkan nutrisi. Salah satunya adalah magnesium dan vitamin B6 yang bisa Anda temukan pada buah semangka.

5. Membuat tubuh terhidrasi

Keseimbangan kadar air di dalam tubuh adalah hal yang sangat penting. Untuk mencegah tubuh mengalami dehidrasi bisa dengan cara minum banyak air, Kandungan air yang besar pada buah semangka juga dapat membantu mencukupi kadar air di dalam tubh selama hamil.



6. Memiliki kandungan yang kaya akan likopen

Buah semangka memiliki likopen yakni senyawa yang disinyalir dapat mengurangi gejala morning sickness atau mual di awal kehamilan. Selain itu juga likopen dapat mengurangi resiko preeklampsia bagi wanita hamil dan juga bayi.

7. Mengurangi kadar asam lambung

Masalah pencernaan acap kali terjadi pada saat hamil, yang di tandai dengan naiknya kadar asam di lambung. Nah buah semangka ini dapat mengurangi asam pada lambung serta menenangkan perut.

8. Mencegah terjadinya pembengkakan aliran darah

Bengkak pada kaki dan tangan biasa terjadi bagi wanita hamil, untuk mencegahnya atau mengurangi pembengkakan bisa dengan mengonsumsi buah semangka.

9. Mencegah pigmentasi pada kulit

Kadar hormon yang terlalu tinggi saat hamil daat menyebabkan terjadi pigmentasi kulit. Buah semangka dapat membantu meningkatkan warna pada kulit dan sekaligus mencegah pigmentasi.

10. Mengatasi sembelit

Ibu hamil sering mengalami sembelit? untuk itu perbanyak makan buah semangka untuk melancarkan pencenaan.

Baca Juga: Mengatasi Sembelit Pada Ibu Hamil

11. Memperlancar keluarnya urine

Kadar air dalam buah semangka yang tinggi dapat memperlancar sirkulasi urine dan tentu saja hal ini baik untuk kesehatan ginjal.

12. Berguna dalam pembentukan tulang pada janin

Kandungan kalium dalam buah semangka membantu dalam mengikat kalsium di dalam tubuh, sehingga berguna dalam proses pembentukan tulang pada janin serta memperkuat sendi-sendi pada ibu hamil.

13. Meningkatkan kekebalan tubuh

Buah semangka mengandung vitamin c yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh pada ibu hamil. Sehingga meski cuaca ekstrim tubuh tetap terjaga dan terhindar dari penyakit.

Dari 13 Manfaat semangka di atas sekarang kita sudah tahu kan arti pentingnya buah semangka, semoga bermanfaat.

Artikel Menarik Lainnya:

  1. Manfaat Susu Kedelai Untuk Ibu Hamil
  2. Proses Wanita Melahirkan Dalam Air

Gambar: Sindonews




0 comments:

Posting Komentar