Manfaat Luar Biasa Asam Folat Untuk Ibu Hamil

By
Advertisement
manfaat asam folat

Apakah anda tahu apa saja manfaat asam folat?. Penting untuk anda ketahui mengenai fungsi dan peranannya dalam kehamilan. Bisa diibaratkan sebagai pahlawannya ibu hamil karena dilihat dari manfaatnya yang luar biasa besar. Pengertian asam folat atau biasa yang disebut dengan folat adalah Vitamin B9 salah satu bagian dari vitamin B kompleks.

Kelebihan dari asam folat atau vitamin B9 adalah memiliki sifat yang mudah larut di dalam air sehingga dapat dengan mudah untuk diserap tubuh kita.

Fungsi asam folat


Fungsi dari asam folat adalah ikut berperan dalam perkembangan bayi yakni proses pembentukan sel darah merah, membentuk otak dan sum sum tulang belakang. Asam folat berperan penting pada proses mutasi dan pembelahan sel.

Asam folat tidak hanya bermanfaat bagi ibu hamil pada khususnya tetapi juga untuk anak-anak dan orang dewasa pada umumnya. Untuk ibu hamil asam folat bermanfaat membantu pencegahan cacat otak dan sum sum tulang belakang.

Resiko kekurangan asam folat.

Pastinya ada efek samping bila ibu hamil kekurangan asam folat. Tanpa asam folat yang cukup akan menyebabkan tabung saraf pada janin tidak menutup dengan sempurna, berakibat terjadi masalah pada kesehatan janin. Masalah tersebut dinamakan cacat tabung saraf jenisnya antara lain:
  • Spina bifida ( kelainan yang terdapat pada tulang belakang): Biasanya bayi akan mengalami cacat permanen seperti kelumpuhan.
  • Anencephaly ( kegagalan pembentukan otak): Umumnya Bayi yang lahir memiliki umur yang pendek setelah dilahirkan.
Sangat menakutkan bukan?, akibat yang ditimbulkan bila anda kekurangan vitamin terpenting bagi kehamilan. Anda harus berpikir dua kali untuk mengabaikan asam folat.

Berdasarkan data para ahli kesehatan terungkap fakta bahwa memperoleh asam folat yang cukup dapat melindungi bayi anda dari resiko cacat tabung saraf hingga mencapai 50%, bahkan bagi anda yang memiliki riwayat bayi cacat tabung saraf pada kelahiran sebelumnya, masih dapat melindungi bayi anda sebanyak 70% di kelahiran berikutnya.

Asam folat juga dapat melindungi bayi anda dari :

  • Bibir sumbing
  • Kelahiran prematur
  • Keguguran
  • kehamilan ektopik

waktu yang tepat memperoleh asam folat

Cacat hamil umumnya terjadi pada 3-4 minggu usia kehamilan, jadi sangat penting untuk ibu hamil mudah mendapat asupan asam folat disaat awal masa kehamilan.

Menurut studi asam folat, bagi wanita yang mengambilnya setahun sebelum hamil akan memberikan perlindungan sebanyak 50% bahkan lebih.

Jadi kegunaan asam folat untuk persiapan maupun perencanaan kehamilan sangat ditekankan. Kebutuhan asam folat berbeda ditiap bulan masa kehamilan anda, umumnya dosis asam folat yang dianjurkan untuk kesuburan adalah 400 mcg per hari.

Konsumsi asam folat baiknya adalah setiap hari yakni :
  • Sebelum hamil anda membutuhkan asam folat sebenyak 400 mcg.
  • Selama kehamilan adalah saat penting membutuhkan lebih banyak asam folat dengan kegunaannya dibagi dalam 2 periode yaitu:
    • Pada awal 3 bulan pertama dibutuhkan asam folat setidaknya 400 mcg per hari.
    • Pada bulan ke 4 sampai akhir masa kehamilan dibutukan asam folat sebanyak 600 mcg.
  • Setelah hamil atau menyususi juga masih memerlukan asam folat sekitar 500 mcg.

Ternyata besar sekali ya perannya bagi ibu hamil. Kontribusi ibu hamil dalam menjaga kandungannya sangat berpengaruh terhadap perkembangan janin. Dengan menjaga asupan asam folat tiap harinya membantu menjaga kesehatan dan keselamatan bayi.

Banyak ibu hamil yang kurang memperhatikan asupan asam folat, dilihat dari banyaknya angka kematian bayi dan cacat pada bayi yang baru lahir. Bantu share agar ibu hamil yang lain tahu akan pentingnya asam folat

Artikel Terkait:

Makanan yang mengandung asam folat

Gejala Kekurangan Folat

2 komentar:

  1. Balasan
    1. Bisa juga namun tergantung juga dengan sensitifitas alat tes kehamilan misalnya tes pack, umumnya kehamilan dapat diketahui ketika usia kehamilan sudah menginjak 5 minggu.

      Hapus