Akibat Kekurangan Asam Folat Pada Ibu Hamil

By
Advertisement
akibat kekurangan asam folat

Asam folat atau folat merupakan nama lain dari vitamin B. Berperan dalam memperbaiki dan penyusunan DNA, serta pembentuk sel darah merah. Kurangnya asupan nutrisi yang sehat akan membuat ibu hamil mengalami kekurangan asam folat.

Ada banyak sumber asam folat yang bisa dengan mudah kita dapatkan. Makanan seperti sayur dan buah-buahan adalah sumber asam folat yang baik. Kekurangan asam folat juga dapat terjadi karena anda mengidap penyakit tertentu sehingga mencegah tubuh untuk menyerap asam folat.

Penyebab kekurangan Asam Folat?


Asam folat merupakan vitamin yang mudah larut di dalam air. Ada beberapa sebab mengapa kita dapat mengalami kekurangan asam folat dan faktor apa sajakah itu?

1. Faktor genetika.

Beberapa orang mengalami mutasi genetis yang disebut dengan “polimorfisme” yakni membuat tubuh untuk mencegah perubahan makanan menjadi bentuk yang mudah diserap (methylfolate). Solusinya yakni dengan suplemen folat dalam bentuk yang aktif, sehingga dapat langsung diserap tubuh tanpa harus merubahnya terlebih dahulu.

2. Diet ketat.

Diet yang dilakukan untuk mengurangi berat badan terlalu ekstrim. Yakni mengurangi makan buah dan sayuran yang notabene adalah makanan tinggi asam folat. Asam folat di dalam tubuh menjadi rendah bila anda kekurangan asupan nutrisi.

3. Faktor penyakit.

Ada beberapa penyakit tertentu menjadi penyebab kita kekurangan folat, meliputi:


4. Efek samping obat-obatan.

Ada obat-obatan tertentu yang juga dapat memberikan efek kekurangan asam folat. Obat yang termasuk diantaranya:

  • fenitoin (Dilantin)
  • trimetoprim-sulfametoksazol
  • sulfasalazine


5. Minuman beralkohol.

Sejak dulu alkohol memberikan dampak yang buruk bagi tubuh kita. Alkohol dapat mengganggu penyerapan asam folat di dalam tubuh. Hal ini juga meningkatkan ekskresi folat melalui urine.

Gejala akibat kekurangan asam folat


Gejala dari akibat kekurangan asam folat seringkali sulit untuk diidentifikasi namun gejala yang umum terjadi diantaranya adalah:
  • Kelelahan (anemia)
  • Rambut abu-abu
  • Sariawan
  • Lidah bengkak
  • Gangguan pertumbuhan

Akibat kekurangan asam folat


Asam folat bisa berakibat bagi pertumbuhan janin dan juga ibu hamil. Secara umum beberapa akibat dari kurangnya asam folat yakni:

  • Mengalami cacat pada bayi
  • Mengalami resiko pre eklampsia

Dari gejala dan akibatnya di atas sangat sulit untuk menentukan apakah kita kekurangan asam folat atau bukan. Untuk mengetahuinya secara pasti bisa diketahui secara pasti melalui tes darah. Melakukan uji tes darah sangat di anjurkan khususnya bagi anda yang sedang hamil, agar kebutuhan asam folat tetap terpantau dan dalam kondisi yang cukup.

Sekali lagi saya tekankan bahwa asam folat merupakan nutrisi yang harus terpenuhi dalam masa kehamilan.Demikian artikel mengenai tanda dan akibat kekurangan asam folat pada ibu hamil, semoga memberikan pemahaman akan pentingnya asam folat bagi tubuh kita. Jangan lupa bantu share jika artikel saya ini bermanfaat.

Artikel Terkait:

Manfaat Asam Folat

0 comments:

Posting Komentar