Inilah Penyebab Dan Posisi Bayi Sungsang Dalam Kandungan

By
Advertisement
bayi sungsang

Bayi sungsang ???...banyak dari kita sudah mengenal apa itu bayi sungsang dan penyebabnya. Bila ada yang belum tahu maka artikel penyebab bayi sungsang ini penting untuk ibu hamil ketahui, dan sebagai pengingat kembali agar selalu siaga dimasa kehamilan. Masa dimana hampir mendekati waktu persalinan tiba-tiba setelah anda tahu bahwa akan mengalami bayi sungsang. Bisa saja anda mengalami stres dan berdampak kurang baik untuk janin dan kelancaran persalinan.

Apakah itu bayi sungsang?

Bayi sungsang adalah perubahan posisi bayi dimana kepala bayi terletak searah dengan ibu hamil yang mana untuk bayi normal seharusnya posisinya berlawanan dengan ibu hamil atau kepala dekat dengan dinding rahim. Persentasi mengalaminya yakni 1 dari 25 kelahiran akan mengalami bayi sungsang, jadi persentasi kelainan ini terjadi sebanyak 0,25 %.

Faktor penyebab dari bayi sungsang

Ada beberapa faktor penyebab bayi sungsang diantaranya :

1. Memiliki bayi kembar.

Saat anda mengandung bayi kembar, besar kemungkinan lahir sungsang akan terjadi. Ini disebabkan karena salah satu bayi kepalanya telah berada di atas dulu maka otomatis memenuhi ruang panggul. Jadi pada bayi kembar salah satunya akan mengalami sungsang.

2. Pengaruh berat badan janin.

Berat badan janin memberikan potensi lahir sungsang, bilamana berat janin kurang dari 3 kg dan telah melahirkan sebelumnya besar kemungkinan terjadi sungsang. Janin yang masih kecil di dalam rahim yang lebih longgar membuat janin masih dapat untuk berpindah pindah posisi. Sebaliknya bila berat badan terlalu besar (kegemukan) sedangkan posisi kepala masih di atas, akan membuat janin kesulitan untuk berubah pada posisi normal.

3. Memiliki bentuk rahim yang tidak normal.

4. Bila air ketuban terlalu banyak (polihidramnion)

5. Mengalami kelainan pada plasenta (plasenta previa). Dengan resiko sebanyak 27-30 % di akibatkan oleh faktor plasenta.

Berbagai posisi dari bayi sungsang di usia hamil 7 dan 8 bulan


Letak atau posisi dari bayi sungsang di dalam rahim terbagi dalam 3 bentuk yaitu diantaranya:

1. Frank Breech ( sungsang bokong)
Dimana pantat janin dekat dengan mulut rahim, sedangkan kedua kakinya terangkat ke atas hingga sejajar dengan kepala.

2. Complete Breech ( sungsang sempurna)
Posisi hampir sama dengan Fraank Breech namun untuk kakinya dekat dengan pantat. Atau dengan kata lain posisi seperti jongkok.

3. Incomplete Breech (sungsang belum sempurna)
Bilamana satu kaki dekat dengan pantat bayi sedangkan yang satunya sejajar dengan kepala. Akan tetapi posisi ini jarang sekali di temukan.

posisi bayi sungsang


Cara mengetahui apakah bayi mengalami sungsang

Pencegahan sejak dini dapat dilakukan jika sebelumnya sudah diketahui jika bayi anda mengalami sungsang. Cara berikut bisa dilakukan untuk mendeteksi kelahiran sungsang di antaranya:

  • Melalui pengamatan dari luar: biasanya dilakukan oleh bidan atau dokter dengan meraba pada bagian perut. Jika bayi sungsang maka bagian kutub atas perut terasa keras dan menonjol, karena itu adalah kepala janin yang keras.
  • Melalui pengamatan dari dalam : cara ini hanya dapat dilakukan oleh dokter atau bidan yakni melalui jalan memasukkan jari ke dalam rahim.
  • Cara yang termudah dan akurat adalah dengan jalan USG.

Bayi sungsang dan penyebabnya telah kita ketahui dari artikel di atas, namun mengetahui saja tidaklah cukup untuk kita menghindari kelainan tersebut. Setelah kita tahu penyebabnya lantas bagaimana cara untuk mencegahnya dan tindakan apa yang harus dilakukan. Silahkan lanjut ke link artikel selanjutnya mengenai cara mengembalikan posisi bayi yang sungsang dan apakah bisa lahir secara normal?.


Cara mengatasi bayi sungsang

0 comments:

Posting Komentar