Cara Mengatasi Mual Saat Hamil Muda Secara Alami

By
Advertisement
cara mengatasi mual saat hamil


Merasa mual, muntah dan pusing disaat masa kehamilan kerap kali menggangu aktivitas. Namun ternyata mual atau yang biasa disebut morning sickness merupakan hal yang wajar dialami semua ibu hamil. Lantas bagaimana cara mengatasi mual saat hamil?.

Penyebab mual

Sebelum menjawab pertanyaan di atas tadi, ada baiknya kita cari tahu apa saja penyebab mual yang sebenarnya. Penyebab mual disebabkan oleh karena meningkatnya hormon ketika sedang hamil. Muntah dan mual terjadi secara alamiah atau sistematik pada tubuh ibu hamil.

Sampai kapan mual tersebut mulai reda?

Keluhan seperti mual, muntah yang terjadi pada ibu hamil biasanya terjadi pada 3 bulan pertama atau usia kehamilan 8 hingga 16 minggu. Mual akan berangsur-angsur mereda seiring bertambahnya usia kehamilan. Namun ada juga yang tetap mengalaminya hingga akhir masa kehamilan, karena kondisi tiap ibu hamil berbeda-beda.

Kondisi fisik dari ibu hamil dapat juga memberikan pengaruh terhadap mual. Sebagai contohnya jika ibu hamil memiliki riwayat penyakit maag, sudah pasti akan sangat mudah untukmengalami mual dan muntah.

Bagaimana cara mengatasi mual saat hamil muda


Kondisi mual tak dapat dihilangkan, meski penggunaan obat bisa menjadi solusi namun hanya berguna sebagai pereda rasa sakit di perut. Namun ada beberapa cara yang bisa ibu hamil lakukan untuk setidaknya mengurangi mual, muntah atau pusing saat hamil. yakni:


  1. Banyak istirahat
  2. Melakukan olah raga ringan
  3. Banyak makan buah
  4. Mengatur pola makan
  5. Mengonsumsi jahe


Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi mual saat hamil muda secara alami. Jika memang mual yang berlebihan atau sangat sering terjadi, ada baiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter kandungan untuk menjaga janin dan ibu hamil tetap sehat.

Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa berikan tanggapan Anda mengenai salah satu keluhan pada ibu hamil ini pada kolom komentar.

0 comments:

Posting Komentar